Home » UTAMA » BERITA KOTA SUKABUMI » LBH Gesumi Siap Bantuan Hukum Gratis
DIKUKUHKAN: Ketua LBH Gesumi Kota Sukabumi, Asip Supandi melantik ketua wilayah VI, Babay Aa Nuryana, Senin (19/6/17).

LBH Gesumi Siap Bantuan Hukum Gratis

SUKABUMI– Lembaga Bagian Hukum (LBH) Gerakan Sadar Hukum Indonesia (Gesumi) Kota Sukabumi melantik 11 pengurus cabang untuk wilayah VI Kabupaten Sukabumi, Senin (19/6/17).

Ketua LBH Gesumi Kota Sukabumi, Asip Supandi, lembaga yang baru terbentuk 11 Januari 2017 lalu ini, menaungi tiga wilayah yang ada di Provinsi Jawa Barat. Yaitu Kota dan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.
“Hari ini kami melantik 11 anggota cabang wilayah VI, delapan pengurus perwakilan kecamatan, tiga pengurus ketua, sekretaris dan bendahara,” sebut Asip.

Dirinya menambahkan, pengurus yang baru dilantik itu memiliki tugas untuk menangani dan menampung kasus-kasus di masyarakat. Ia juga menginstruksikan agar langsung melaporkan ke LBH jika permasalahan tak bisa ditangani di wilayah.

“kalau tidak bisa diselesaikan di wilahay atau di polsek, laporkan kepada kami dan kami akan menanganinya hinngga tuntas,” kataya.

Ia menyebutkan, perwakilan LBH di wilayah kecamatan ini mempunyai dua fungsi. Yakni menyelesaikan masalah di lembaga hukum seperti pengadilan, baik dari tingkat pertama, pusat hingga Mahkamah Agung (MA).

“LBH Gesumi ini pun mempunyai advok handal untuk menangani hal tersebut,” akunya.
Sedangkan untuk tugas non litigasi, lanjut Asip, pihaknya memberikan pelatihan hukum, serta menangani perkara secara musyawarah.

Lantaran perwakilan di wilayah ini juga bertugas untuk melakukan sosialisasi, tak serta merta harus diselesaikan dengan kekerasan.

Namun ia berharap, perwakilan ini mengutamakan keadilan hukum bagi masyarakat.
Ia menagku, tujuan dibentuknya LBH ini untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam penyadaran hukum. Terlebih Republik Indonesia ini adalah merupakan negara hukum.

“Saya merasa prihatin luar biasa, menerima informasi banyak yang melanggar hukum,” imbuhnya.
Ia menyarankan, bagi masyarakat yang tidak mampu yang memiliki masalah hukum agar mendatangi LBH yang dipimpinnya. Yang menjadi persyaratan hanya membawa surat keterangan tidak mampu (SKTM).

“Bagi yang mampu pun tidak ada tarif, hanya kesadaran masing-masing saja. Kami berharap, donatur untuk kegiatan kedepannya bukan untuk kepentingan pribadi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Wilayah 6 Kabupaten Sukabumi, Babay Aa Nuryana sebagai orang yang dipercaya untuk mewakili dari 8 kecamatan di Kota Sukabumi menambahkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Karena saat ini banyak sekali objek hukum yang tak terkendali oleh aparat yang berwenang.

“Saya bersama tim akan ikut andil, membangun koridor hukum, sesuai dengan apa yang ada dalam undang-undang yang berlaku. Sebagai amanah dan tangan panjangan dari pemerintahan, sesuai dengan kehendak masyarakat yaitu aman tertib san sentosa,” paparnya
Ia membawahi delapan kecamatan.

Yakni Kecamatan Jampang Kulon, Kalibunder, Cimanggu, Waluran, Ciemas, Cibitung dan Surade.

(cr11)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Salimah Selenggarakan Kegiatan Berbagi

SUKABUMI – Pengurus Daerah (PD) Salimah Kota Sukabumi memeriahkan rangkaian agenda Ramadhannya dengan berbagi bersama. ...