Home » PEMERINTAH KOTA SUKABUMI » Kini Bayar Pajak Bisa Online
Foto Ilustrasi

Kini Bayar Pajak Bisa Online

CIKOLE– Seiring dengan perkembangan informasi teknologi pemerintah Kota Sukabumi melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah akan meluncurkan program pajak online. Program pajak online ini dalam upaya memberikan kemudahan pelayanan wajib pajak.

“Kami tidak bisa menolak dengan perkembangan informasi teknologi yang semakin maju. Makanya kami mengambil sikap untuk menyiapkan sistem pajak online ini.

Disesuaikan dengan kesiapan peralatan dan SDM, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa diluncurkan,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, Dida Sembada, Senin (19/6/17).

Dengan adanya program pajak online ini, Dida berharap bisa meningkatkan akuntabilitas dan transparasi yang jelas. Serta memudahkan mencatat potensi utang piutang pajak di masyarakat.

“Nanti semuanya itu bisa lebih simpel dan mudah. Semua keterkaitan pajak bisa dilihat secara online,” katanya.
Sementara itu, Kabid Penagihan Pajak dan Bukan Pajak Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sukabumi, Unang Djuminta menambahkan, progam pajak online itu sudah melalui uji tes dengan melibatkan BJB Kota Sukabumi.

“Program ini sebenarnya sudah direncanakan dua tahun yang lalu. Namun baru tahun sekarang bisa diterapkan. Dalam program ini kita juga melibatkan perbankan yakni Bank BjB sebagai bank persepsi,” ujarnya.
Namun, pihaknya tidak bisa melayani semua jenis pajak dalam program ini. Artinya, hanya ada tujuh pajak. Ketujuh pajak tersebut yakni, pajak reklame, restoran, hotel, parkir, air bawah tanah, penerangan jalan dan pajak hiburan.

“Hanya tujuh pajak yang dilayanai program pajak online ini, mudah-mudahan di Agustus bulan yang akn datang sudah bisa dipakai,” terangnya.

Program ini juga, membantu pelaporan Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) secara online untuk wajib pajak. Sehingga tidak terikat dengan waktu dan tenmpat.

Wajib pajak dapat mengisi formulir SPTPD menggunakan komputer ataupun tablet yang tersambung ke internet. Nantinya wajib pajak hanya perlu untuk mendaftar secara onlien. Pendaftaran secara online dapat juga digunakan untuk pemutakhiran data wajib pajak.

“Adanya pelaporan SPTPD secara online, petugas dinas pendapatan bisa dengan mudah melihat, menyortir dan menyetujui laporan yang disampaikan oleh wajib pajak.

“Dengan mudah kita (petugas) bisa melihat serta menyetujui laporan yang disampaikan oleh wajib pajak,” pungkasnya.

(Cr5/d)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

11 Bus Mudik Gratis Diberangkatkan

SUKABUMI– Sebanyak 510 orang ikut mudik gratis yang difasilitasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi. Pemkot ...