Home » UTAMA » BERITA KOTA SUKABUMI » BPBD Tak Terima Laporan Kerusakan
SIAGA : Pihak BPBD Kota Sukabumi tetap siaga di Kantor BPBD untuk menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa pada Senin (12/6/2017). FOTO:DIANA/RADARSUKABUMI

BPBD Tak Terima Laporan Kerusakan

SUKABUMI – Gempan berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) mengguncang Sukabumi, Senin (12/6) pagi sekitar Pukul 06.00 WIB. Tak ayal, goncangannya membuat sebagian masyarakat kaget.

Sebagaian warga pun mengaku, guncangan gempa kali ini cukup besar sehingga membuat ke khawatiran.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, gempabumi dengan kekuatan 6,3 SR dengan epicentrum di Samudera Hindia tepatnya 179 km barat daya Kota Sukabumi atau 226 km barat daya Bandung atau 253 km barat daya Jakarta.

Pusat gempa pada kedalaman 10 km. Tapi, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun sejauh ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan tak ada kerusakan akibat gempa tersebut.

“Sampai sejauh ini belum ada laporan kerusakan apapun,” aku Kepala BPBD Kota Sukabumi, Asep Sundar kepada Radar Sukabumi, Senin (12/6/2017).

Untuk mencari tahu, lanjut Asep pihaknya sudah memerintahkan kepada staf untuk melalukan monitoring dampak dari terjadinya gempa ini.

“Dari pagi sampai saat ini belum ada laporan, namun kami tidak percaya begitu saja. Kami dengan beberapa pejabat yang berada di struktural BPBD langsung turun melihat beberapa wilayah,” terangnya.

Langkah yang dilakukan BPBD yaitu termasuk mengkoordinasikan ke 7 kecamatan. Jadi apabila ada laporan dari warga masyarakat melalui kelurahan, untuk segera di informasikan kembali ke pihak BPBD.

“Alhmdulillah sampai saat ini tidak ada, dan mudah mudahan tidak ada,” tuturnya.

Gempa sendiri dirasakan lemah selama 3 detik di Jakarta. Masyarakat yang tinggal di gedung bertingkat merasakan guncangan dengan intensitas sedang. Lampu bergoyang dan perabotan rumah bergetar.

Gempa dirasakan cukup kuat di Bandung selama 3-5 detik. Meja terasa bergetar. Sebagian masyarakat keluar rumah.

Gempa dirasakan cukup keras di Kabupaten Sukabumi selama 5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah.

“Memang sangat besar, kami pun sekeluarga langsung keluar rumah,” aku salah satu warga Perumahan Bumi Raharja, Sri Nuraidah.

(cr11)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polres Sukabumi Kota Rekayasa Lalin, Jelang Malam Takbiran

Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi Kota gelar simulasi Tactical Floor Game (TFG) tingkat Polresta menjelang malam ...