Home » BERITA » Draenase Pengaruhi Usia jalan Mulus
INFRASTRUKTUR: Para pegawai Bina Marga Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi saat memperbaiki draenase sepanjang Jalan Nyomplong Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi.

Draenase Pengaruhi Usia jalan Mulus

SUKABUMI -Kualitas draenase benar-benar ikut andil dalam mempengaruhi kerusakan badan jalan. tak sedikit kerusakan badan jalan itu diakibatkan buruknya aliran air pada drainase di jalan tersebut. Terlebih, jika air yang tumpah ke badan jalan itu membawa material pasir dan batu (sirtu).
Kali ini, Bidang Binamarga Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi melakukan pemeliharaan drainase menjelang Ramadan.

 

“Tanpa disertai penataan drainase, perbaikan yang dilakukan di sepanjang ruas jalan usianya diperkirakan tidak akan lama,” tutur Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dishub Kota Sukabumi, Novian Restiadi kepada Radar Sukabumi, kemarin (17/5).
Seperti kondisi drainase di Jalan Nyomplong yang betul-betul tidak baik. Koneisi itu tentu akan memebrikan kontribusi mempercepat kerusakan badan jalan. kerusakan itu kerap terlihat setiap kali turun hujan.

Akibat drainase yang buruk tersebut, kata Novian, proses perbaikan maupun hasil perbaikan terhadap semua jalan di Kota Sukabumi tidak akan bertahan lama. Seperti misalnya, tambal sulam. Karena, menjaga keawetan hasil perbaikan dan perawatan di semua jalan tersebut harus disediakan sistem dan jaringan drainase yang baik. Sehingga dapat diandalkan untuk menampung air dan tidak tumpah ke badan jalan.

 

“Solusi untuk memperbaiki daraenasi sedang kita upayakan, muskipun masih banyak kendala yang dihadapi di lapang. Itu yang membuat kita sedikit kerepotan,” akunya.
Novian mengaku, salah satu kendala yang paling berat yaitu harus dibayarkannya ganti rugi atas tanah yang dijadikan proyek pelabaran jalan untuk daraenase itu. Untuk mewujudkan pelebaran dan perbaikan drainase tersebut dibutuhkan dana yang tidak sedikit.  Terutama untuk pembebasan tanah milik masyarakat.

“Penanganan drainase kalau ingin optimal membutuhkan anggaran yang sangat besar. Kami telah menyusun proyeksi kebutuhan dana untuk memperbaiki drainase di seluruh wilayah Kota Sukabumi, temasuk Jalan Nyomplong,” tambahnya.
Dalam penanganan drainase yang sudah dan akan dilakukan pihaknya tidak melihat status jalan di Kota Sukabumi. Semua ruas jalan menurutnya, baik kota, provinsi, maupun jalan nasional tetap ditangani Dishub kota Sukabumi.
“Semua draenase saja, yang ada di Kota Sukabumi. Karean kita, saat melakukan proses perencanaan dan pelaksanaan drainase di ruas-ruas jalan miliki provinsi atau nasional disertai komunikasi dan koordinasi,” tegasnya.

(Cr5)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

“Paling Penting Pengendara Jangan Ngantuk”

 Sukabumi-Kepala Cabang Jasa Raharja Provinsi Jawa Barat, Eri Martajaya meminta kepada masyarakat agar memasuki masa ...