Home » POLITIK » Pembentukan Panwaslu Belum Jelas

Pembentukan Panwaslu Belum Jelas

CITAMIANG– Meskipun tahapan pelaksanaan Pilkada Dan Pilgub Jabar tinggal menghitung Bulan. Namun Sampai saat ini belum ada informasi pembentukan panitia pengawasan pemilu di Daerah. Begitupun dengan informasi rekrutmen anggota panwaslu.

” Memang. Pembentukan panwaslu itu bukan kewenangan kami (KPU), jalurnya itu kewenangan Panwaslu Provinsi dan pusat,” Ujar Divisi Teknis KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara,Kamis (11/5).

Sepengetahuannya, sebelum pembentukan Panwaslu biasanya Panwaslu Provinsi melakukan survey ke daerah. Juga melakukan pengumuman perekrutan melalui website Panwaslu, Medsos ataupun iklan di Media cetak. ” Nanti Juga pasti ada pengumuman terbuka oleh Panwaslu Provinsi,” ungkapnya.

Diakui Agung,  Panwaslu tidak memiliki kewajiban untuk memberitahukan kepada KPU. Untuk itu, dirinya tidak mengetahui informasi mengenai rekrutmen keanggotaan Panwaslu.

“Untuk pembentukan Panwaslu sama sekali kita tidak mengetahuinya. Kalaupun tugas dan rencana KPU hanya pembentukan PPS dan PPK,” jelasnya.

Ditambahkannya, apabila Panwaslu tidak melakukan pemberitahuan perekrutan anggota secara terbuka melalui website atau Iklan, itu jelas merupakan suatu pelanggaran. Tapi nampaknya masih menunggu Naskah Penandatangan Hibah Daerah (NPHD) mengenai anggaran dikeluarkan oleh Pemkot Sukabumi. Setelah itu Panwaslu di Kota Sukabumi sudah terbentuk, karena lembaga tersebut dan KPU sama sama mengajukan anggaran untuk kebutuhan pelaksanaan Pilwalkot Sukabumi. ” Kita lihat saja nanti, di bulan Agustus mendatang Panwaslu ini sudah terbentuk atau tidak,” pungkasnya. (bal)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PPM Gelar Haul Muslikh Abdussyukur

SUKABUMI – Pemuda Panca Marga (PPM) Jawa Barat memperingati satu tahun usia almarhum mantan Walikota ...