Home » UTAMA » BERITA KOTA SUKABUMI » Mahasiswa Wajib Mengabdi Kepada Masyarakat
FOTO: DASEP/RADARSUKABUMI KULIAH UMUM: Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat memberikan pengarahan kepada puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) yang akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Aula UMMI Kota Sukabumi.

Mahasiswa Wajib Mengabdi Kepada Masyarakat

SUKABUMI – Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi memberikan kuliah umum. Yakni, memberi pengarahan kepada puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) yang akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN), sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat Kota Sukabumi di Aula UMMI, Sabtu (4/3/2017).

Menurut Fahmi, KKN merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh semua mahasiswa yang berada di Kota Sukabumi. Terlebih, pengabdian kepada masyarakat termasuk dalam tri dharma perguruan tinggi (PT) yang harus dipastikan oleh semua lembaga pendidikan.

“Itu sifatnya wajib. Pengabdian ini harus berjalan sesuai semangat tri dharma perguruan tinggi,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi.

Mengapa perealisasian tri dharma ini harus dipastikan, kata Fahmi, secara formal tri dharma ini menjadi kegiatan yang sudah terjadwalkan dari rangkaian tugas akhir tahun oleh setiap mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan.

Oleh karena itu, ini menjadi kesempatan yang baik dari setiap mahasiswa untuk memberikan kontribusi yang positif untuk masyarakat. “Pengabdian itu, sebetulnya bisa dilakukan setiap hari.

Tapi belum tentu seserius ketika KKN. Makanya, ini harus menjadi hal yang baik dan dilaksanakan dengan serius oleh mahasiswa itu,” terangnya.

Dalam KKN nanti, lanjut Fahmi, pihaknya mengharapkan adanya kontribusi yang nyata untuk masyarakat. Dari mulai dorongan untuk pembenahan pembangunan, pelayanan serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan sosial.

“Yang utamanya itu. Karena tidak dipungkiri jiwa gotong royong sudah mulai pudar. Diharapkan, nanti mereka (mahasiswa, red) mampu untuk mendorong gotong royong untuk tumbuh kembali,” paparnya.

Selain itu, kata Fahmi, dari sisi potensi wilayah yang dapat dikembangkan, puluhan mahasiswa yang disebar di setiap wilayah itu dapat pula memetakan potensi wilayahnya. Yakni, dapat digali ketika melaksanakan pengabdian nanti. Baik dari sisi ekonomi, budaya serta kelestarian alamnya.

“Itu dikaji semua, hasilnya direkomendasikan kepada pemerintah setempat di mana mereka (mahasiswa, red) berada. Insya Allah, itu akan menjadi salah satu gambaran untuk pengembangan daerah itu. Bagus kan jika itu dilakukan,” katanya.

Masih kata Fahmi, sebagai orang nomor dua di Kota Sukabumi, pihaknya mengharapkan semua mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN dapat menjaga nama baik almamaternya di tengah-tengah masyarakat. Lantaran menurutnya, pengabdian yang dilakukan itu tidak terlepas dari kelembagaannya.

“Jaga perilaku, buka komunikasi dengan semua pihak serta laksanakan semua tujuan KKN dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

(cr5/d)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tingkatkan Ilmu Haji dengan Manasik

SUKABUMI-Puluhan warga Kota Sukabumi dan luar Kota Sukabumi mengikuti manasik akbar dan umroh,yang dilaksanakan Dallas ...