Home » BERITA » Longsor dan Rumah Roboh Dominasi Bencana
Ilustrasi

Longsor dan Rumah Roboh Dominasi Bencana

CIKOLE – Selama musim penghujan di awal 2017, frekuensi jumlah bencana alam relatif tidak terlalu masif. Lokasi bencana yang terjadi masih merupakan daerah langganan. Berdasarkan laporan Februari ini sudah ada sembilan kali kejadian.

“Di antaranya tanah longsor dan rumah roboh. Pada Januari juga jumlahnya tidak jauh beda,” Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Sukabumi Ahdar Somali, Kamis (16/2).

Meskipun Adhar mengakui saat ini intensitas curah hujan relatif tinggi. Untuk bencana banjir genangan tidak terlalu banyak. “Banjir hanya terjadi di sekitar Cipanengah. Dua rumah terendam. Tapi sudah bisa kita atasi,” tambahnya.

Lanjutnya, bencana teranyar yang dilaporkan dari masyarakat terjadi di RT 01/06 Kampung/Kelurahan Karamat Kecamatan Gunungpuyuh. Sebuah saluran air tertutup total material tanah longsor dari tebing setinggi hampir 10 meter.

“Itu materialnya menutup seluruh saluran air. Alhamdulillah kita bisa atasi. Tidak ada kerusakan sarana dan prasarana lainnya,” katanya.

Dijelaskannya, solusi sementara penanganan tertutup saluran air itu dengan memanfaatkan lahan warga. Alirannya untuk sementara waktu dialihkan dulu sebelum nanti ditangani secara permanen oleh dinas teknis yang berkompeten.

“Kalau tidak ditangani seperti itu kami khawatir terjadi luapan air yang bisa mengancam masyarakat dan lahan persawahan. Kita coba upaya kurangi risiko kebencanaannya dengan membuat saluran alternatif. Mudah-mudahan nanti penanganannya secara permanen bisa menjadi prioritas,” bebernya.

Sejumlah spot diwaspadai BPBD yang berpotensi tinggi terjadi bencana. Di antaranya berada di Kelurahan Cisarua dan Subangjaya Kecamatan Cikole, serta di Kelurahan Karangtengah Kecamatan Gunungpuyuh. “Daerah itu merupakan spot yang kami waspadai berpotensi terjadi longsor. Biasanya setiap kali hujan deras, wilayah itu pasti terjadi tanah longsor,” ujarnya. (bal/e)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Minta Diperluas, Lapas Nyomplong Over Load

SUKABUMI – Kepala Lapas Kota Sukabumi, Darwis H mengeluhkan tentang kurangnya fasilitas dan sempitnya ruangan ...