Home » BERITA » Pemerintah Tak Bisa Kendalikan Harga Cabai
Foto Ilustrasi

Pemerintah Tak Bisa Kendalikan Harga Cabai

“Walapun harga cabai rawit merah harganya terus meroket, tapi di Kota Sukabumi tidak menimbulkan gejolak,” tuturnya.

Untuk mengendalikan melonjaknya harga cabai-cabaian saat ini, lanjut Ayep, relatif sangat sulit. Apalagi saat ini fenomena naiknya harga komoditas cabai-cabaian terjadi merata hampir di seluruh Indonesia.

“Tapi ada juga masyarakat yang tak terlalu pusing dengan naiknya harga. Misalnya dari kalangan pengusaha rumah makan. Selama barangnya ada, berapa pun harganya pasti akan dibeli. Ini untuk menjaga agar kualitas masakan mereka tidak berubah. Misalnya mengganti cabai yang biasa dipakai dengan cabai jenis lainnya,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang dimilikinya, cabai rawit merah cukup menonjol dibandingkan harga jenis cabai lainnya. Saat ini harga cabai rawit merah terus mengalami kenaikan harga mulai dari Rp80 ribu per kilogram sampai dengan Rp95 ribu per kilogram, harga cabai rawit hijau Rp70 ribu per kilogram, harga cabai merah keriting Rp40 ribu per kilogram, harga cabai merah lokal Rp36 ribu per kilogram, dan cabai merah TW Rp36 ribu per kilogram.

“Di Kota Sukabumi harganya tidak sampai di atas Rp100 ribu. Beda dengan di daerah lain ada yang sampai Rp150 ribu per kilogram, bahkan ada yang mencapai Rp200 ribu per kilogram,” ujarnya.

(bal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Contohlah Istri Rasulullah

SUKABUMI – Ruang lingkup untuk berkiprah bagi seorang wanita, tentunya tidaklah terbatas. Terlebih, pemerintah menyediakan ...