Home » UTAMA » PLN Cabut Subsidi Listrik

PLN Cabut Subsidi Listrik

SUKABUMI – Pencabutan subsidi listrik bagi pelanggan yang mampu untuk golongan 900 VA akan dilakukan di seluruh Indonesia. Tak terkecuali di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi. Terhitung pada Januari hingga Mei 2017, pencabutan subsidi secara total akan dilakukan.

Hal tersebut menyusul adanya kebijakan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. Lantaran, setiap bulannya subsidi listrik yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat sangat besar, termasuk di wilayah Sukabumi.

Humas PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Sukabumi, Wiwin Winarti mengatakan, pencabutan terhadap subsidi listrik untuk pelanggan yang mampu akan dilakukan secara bertahap. Yakni, pada awal Januari 2017. Hal tersebut, dilakukan agar subsidi listrik dari pemerintah untuk masyarakat tidak mampu dapat tepat sasaran.

“Subsidinya dicabut. Jadi, bukan harganya naik dan itu sudah menjadi kebijakan yang harus dilakukan,” ungkap Wiwin kepada Radar Sukabumi, kemarin (4/1).

Menurut Wiwin, pelanggan PLN yang memiliki listrik 900 VA tersebut, terbagi menjadi dua golongan. Yakni, golongan rumah tangga biasa atau tidak mampu dan golongan rumah tangga mampu. Maka dari itu, yang mendapatkan subsidi dari pemerintah yaitu untuk golongan keluarga yang tidak mampu saja.

“Masa yang mampu dapat subsidi. Biarkan yang tidak mampu mendapatkannya. Karena, itu sudah menjadi haknya,” terangnya.
Mengenai jumlah pencabutan subsidi terhadap pelanggan yang mampu, lanjut Wiwin, untuk di wilayah Sukabumi kurang lebih secara maksimal terhadap 80 persen pelanggan. Hal tersebut terlihat, dari data terpadu yang berada di pemerintah pusat dan jumlah tersebut tergolong lumayan banyak.

“Jadi, sekitar 20 persen pelanggan di Sukabumi menerima subsidi dari pemerintah dan tidak dikenakan pencabutan subsidi. Sisanya, semunya dicabut,” paparnya.

Wiwin mengaku, pihaknya sebagai pelaksana kebijakan dari pemerintah pusat, dengan senang hati akan melaksanakan instruksi tersebut. Lantaran, pihaknya sebagai pelaksana PLN Area Sukabumi akan menyambut baik mengenai dengan adanya penyesuaian tarif listrik 900 VA. Hal ini dilakukan sesuai dengan instruksi menteri ESDM.

“Kami dari PLN Area Sukabumi hanya sebagai pelaksana saja dan kebijakan ini akan kita laksanakan,” akunya.

Mengenai waktu pencabutan subsidi listrik secara total, kata Wiwin, hal tersebut akan dilakukan paling cepat pada Mei 2017. Makanya, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan dari setiap wilayah di Sukabumi dengan melibatkan setiap rayon PLN Area Sukabumi.
“Kalau waktu total pencabutan subsidinya nanti akhir Mei. Semua pelanggan itu, akan dikenakan tarif listrik untuk pemakaian regular pada semua blok. Tapi, kalau yang subsidinya tidak dicabut, seperti biasanya,” paparnya. (cr5/d)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jika DPRD Persulit Pembangunan Pasar Pelita, Appatis Ancam Demo

SUKABUMI  – Aliansi Peduli Pasar Pelita Sukabumi (Appatis) mengancam bakal melakukan demonstrasi jika DPRD mempersulit ...