Home » BERITA » Fantastis…….Harga Cabai Capai Rp53 Ribu
PERDAGANGAN: penjual komoditas sayuran di Pasar Tradisioal Gudang Kota Sukabumi, Minggu (25/12). FT : DASEP/RADARSUKABUMI

Fantastis…….Harga Cabai Capai Rp53 Ribu

SUKABUMI –Harga cabai merah kriting terus merangkak naik. kenaikan ini dipengaruhi dibatasinya pasokan akibat di beberapa daerah gagal panen. Minimnya hasil panen juga dipengaruhi cuaca ekstrim hingga hasilnya tidak maksimal bahkan berguuguran.

Di Pasar tradisional, pasokan cabai merah mengalami penurunan yang signifikan selama dua pekan terakhir.

Informasi yang dihimpun, harga cabai merah keriting di Pasar Gudang Kota Sukabumi mencapai Rp53 ribu per kilogram. Yang padahal, sebelumnya hanya Rp40 per kilogram.

“Harganya sudah naik dari mingu kemarin sudah naik. Mau gimana lagi, karena pasokan dari petani tidak lancer,” ungkap Euis (43) sayuran di Pasar Tradisional Gudang Kota Sukabumi kepada Radar Sukabumi, Minggu (25/12/2016).

Menurut Euis, berkurangnya pasokan cabai merah ke wilayah Pasar Tradisonal Kota Sukabumi. tentu saja membuat harga cabai akan melambung tinggi. Dirinya juga menilai akan berakibat meningkatnya harga dari setiap tengkulak cabai merah keriting di Kota Sukabumi.

Euis mengaku, para pedagang tak bisa menolak dengan terus melonjaknya harga cabai merah di pasaran. Kendati hal tersebut dapat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat selama beberapa pekan terakhir yang terus mengalami penurunan.

“Mau bagaimana lagi, di pasar induknya sudah mahal harganya, kita juga jual mahal. Akibatnya, tidak ada masyarakat yang membeli banyak,” ujarnya.

Dengan kenaikan cabai ini, tentu membuat penghasilannya semakin tak menentu. Penjulan pun harinya mengalami penurunan jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

“Kalau dulu sebelum naik, banyak yang beli satu sampai dua kilogram. Otomatis, penghasilanpun meningkat. Tapi sekarang, paling banyak setengah kilogram, jadi keuntungan dari menjual cabai merah jadi sedikit,” akunya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan (Diskoperindag) Kota Sukabumi, Wahyu Setiawan mengatakan, pihaknya membenarkan kalau selama dua pekan terakhir harga cabai merah keriting terus mengalami kenaikan dan menembus harga Rp 53 ribu perkilo gramnya.

“Kenaikan harga ini diakibatkan stok menipis dan permintaan meningkat. Kekurangan pasokan ini akibat cuaca tidak mendukung sehinhgga hasil panennya minim dan cepat membusuk,” terangnya.

Sementara untuk komoditi lainnya, lanjut Wahyu, hingga saat ini elatif stabil. “Sebagian kebutuhan pokok lainya masih stabil dan semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi,” ujarnya. (Cr5/d).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Luapan air warudoyong

Genangan air di Jalan Arif Rahman Hakim, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi pasca hujan, ...