Home » DESA » Unsur Desa Dukung Promosi Geopark

Unsur Desa Dukung Promosi Geopark

WALURAN – Dukungan pemerintah desa untuk mempromosikan kawasan Geopark semakin menggeliat. Dari delapan titik wilayah kecamatan yang tetapkan pemerintah, saat ini sudah semakin memperlihatkan perubahan, baik dari potensi sumber daya manusia maupun infastruktur. Menariknya, kegiatan yang ditampilkan cukup beragam sesuai dengan potensi wilayah masing-masing.

Kepala Desa Waluran Dudi Rusdiaman mengaku, promosi potensi destinasi wisata disetiap titik wilayah kawasan Geopark harus menjadi kompetisi yang positif untuk kemajuan warga masyarakat di wilayah masing-masing. Terlebih, titik wilayah yang sudah ditetapkan tidak memiliki kesamaan dalam potensi wilayahnya.

“Kita tetap harus mampu mendorong, supaya potensi masing-masing bisa terangkat, seperti contoh, Palabuhanratu dipastikan akan lebih populer dibandingkan dengan Waluran. Dengan begitu, jika tidak mau jadi penonton kita harus berbuat,” ujarnya kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Menurut Dudi, sebagai daerah yang dekat dengan kawasan Geopark Ciletuh, Desa Waluran dinilai akan ketinggalan, jika peran serta pemerintah setingkat desa maupun kecamatan tidak ikut serta mendorong maupun mempromosikan setiap potensi, baik alam maupun kebudayaan. “Kita ini daerah perlintasan. Beda dengan Ciletuh yang dimiliki Ciemas dipastikan akan lebih tertarik untuk singgah,” ungkapnya.

Untuk menjawab itu, menurut Ojeh sapaan akrab Dudi Rusdiaman, pihaknya bersama unsur kepala desa se-Kecamatan Waluran akan menyelenggarakan event yang bersifat seremonial. Salah satunya membuat bangunan khusus untuk menjajakan kuliner dan kerajinan tangan hasil karya warga masyarakat. “Kita kemarin sudah buat event festival, untuk mendongkrak ekonomi warga kita juga siapkan tempat, yang nantinya juga akan dibuatkan peta khusus untuk menggambarkan setiap potensi yang ada di wilayah,” akunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman menjelaskan, antusias pemerintah desa untuk mempromosikan kawasan Geopark perlu di apresiasi. Hal ini, bukti bahwa upaya promosi sudah terintegrasi terhadap masyarakat yang ada di daerah pedesaan. “Tujuannya jelas, bagaimana semua stake holder peduli terhadap pengembangan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu,” tandasnya.

Bahkan, dikatakan Dana, sebelumnya upaya sosialisasi melalui pagelaran malam pesona Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, sudah dilakukan. Di mana, Pagelara Malam Pesona Geopark Ciletuh-Palabuhanratu adalah upaya dari Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu untuk mensosialisasikan Keindahan dan Pesona Geosite yang ada di tiga Geoarea kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. “Keindahan dan pesona Geosite sudah pasti harus terus disosialisasikan, dengan harapan kawasan Geopark bisa semakin dikenal,” tukasnya. (cr10/t)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peran PKK Harus Maksimal

SUKABUMI – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) merupakan mitra pemerintah daerah Kabupatem ...