Home » PEMERINTAH KAB SUKABUMI » DINAS PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM (DPKUKM) KABUPATEN SUKABUMI » Pemkab Sukabumi Canangkan Pembangunan Pasar Induk

Pemkab Sukabumi Canangkan Pembangunan Pasar Induk

CIBADAK – Memaksimalkan hasil pertanian dan aktivitas ekonomi masyarakat Kabupaten Sukabumi, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sukabumi mencanangkan pembangunan Pasar Induk Sukabumi tahun ini. Dengan demikian, diharapkan aktivitas ekonomi masyarakat ke depan bisa lebih maju.

Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Sukabumi, Asep Japar mengatakan, perencanaan Pasar Induk Sukabumi dipastikan tidak akan mengganggu pasar-pasar yang telah ada. Bahkan, dengan adanya Pasar Induk Sukabumi itu, masyarakat tidak harus lagi ke luar daerah untuk belanja ataupun memasarkan barang baku. “Pelaksanaannya kami belum pastikan. Hanya saja, pada tahun ini kami fokus untuk perencanaannya,” ujar Asep Japar saat ditemui Radar Sukabumi, kemarin (18/5).

Selama ini lanjut Japar, banyak pelaku usaha yang belanja ataupun memasarkan hasil pertaniannya ke luar Sukabumi. Hal ini tentunya, banyak kos pengeluaran yang harus dikocek oleh masyarakat pelaku usaha. Namun, dengan nanti adanya Pasar Induk Sukabumi, masyarakat tidak harus bersusah payah belanja ataupun memasarkan hasil usahanya. “Jadi nanti itu, semua aktivitas usaha akan dipusatkan di Pasar Induk. Masyarakat tidak harus jauh-jauh mencari ataupun memasarkan hasil usahanya,” terangnya.

Supaya rencana pembangunan Pasar Induk Sukabumi berjalan dengan lancar, selain bekerja sama dengan pasar-pasar yang telah ada, juga pihaknya akan melakukan kerjasama dengan pelaku usaha di luar Sukabumi. Sehingga, pelaku usaha luar Sukabumi yang membutuhkan barang, akan datang dengan sendirinya ke Sukabumi. “Pelaku usaha Sukabumi, cukup memasarkan barang hasil usahanya itu di Pasar Induk. Nanti pelaku usaha yang dari luar Sukabumi akan datang dengan sendirinya ke Pasar Induk. Insyallah, adanya Pasar Induk ini akan membantu masyarakat,” akunya.

Disinggung soal lokasi yang akan dijadikan Pasar Induk, Asep Japar mengaku belum sampai kepada penentuan lokasi. Sebelum dibangun Pasar Induk, terlebih dahulu akan dilakukan kajian. Hal itu supaya pembangunan Pasar Induk berada di tempat yang benar-benar strategis. “Kami canangkan lokasinya itu dari Sukalarang sampai Cicurug. Untuk menentukan kestrategisannya, tentu terlebih dahulu akan dilakukan kajian,” tambahnya.

Mendengar rencana pembangunan Pasar Induk Sukabumi, salah satu pelaku usaha asal Kecamatan Warungkiara, Syamsul Bahri (39) berharap rencana tersebut bisa terwujud pada tahun ini. Pasalnya, dengan adanya Pasar Induk itu, ia meyakini beban usahanya akan sedikit terkurangi. “Pengennya sih secepat mungkin. Supaya kami tidak harus ke luar Sukabumi kalau memasarkan hasil pertanian,” singkatnya. (ren/d)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tindak Tegas Penimbun Sembako

SUKABUMI – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sukabumi, memastikan tidak ada spekulan yang sengaja melakukan ...