Home » BERITA KAB SUKABUMI » Ayo Kembangkan Potensi Budidaya Ikan dan Pertanian
BUDIDAYA IKAN : Warga Kecamatan Caringin Tengah mensortir budi daya ikan hias koi. FOTO. : DENDI/RADARSUKABUMI

Ayo Kembangkan Potensi Budidaya Ikan dan Pertanian

Sebab, hal tersebut menurutnya mampu berperan sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi yang mempunyai daya kompetensi regional.

“Bisa kita lihat bahwa aktifitas sehari-hari masyarakat disini sekitar 80 persen mata pencahariannya pada pertanian dan budidaya perikanan. Mulai dari jual beli ikan mas, nila dan ikan hias koi. Sementara untuk pertaniannya, mereka selain menanam padi banyak juga yang bercocok tanam sayuran. Seperti, bawang daun, wortol, cabai rawit, cabai merah, secim, kentang dan lainnya,” paparnya.

Kawasan agropolitan di Kecamatan Caringin ujar Boyke, dapat menjadi sarana dalam pembangunan kawasan pedesaan untuk menangani kesenjangan warganya.

“Kecamatan Caringin ini merupakan sentral pertanian yang banyak di minati oleh para pembeli, karena mereka selain banyak yang memasok ke kecamatan lain, juga banyak pasarkan ke luar daerah. Seperti, Jakarta Pasar induk dan lain sebagainya,” tuturnya.

Dari sembilan desa yang ada di Kecamatan Caringin, yang paling unggul dalam agropolitan terdapat empat desa. Yakni, Desa Pasir Datar Indah, Sukamulya, Seuseupan dan Desa Cikembang.

“Empat desa ini, yang paling dominan untuk pertanian. Bahkan, potensi untuk perkembangan agro wisatanya juga ada,” imbuhnya.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sambut UGG, Dinas Parawisata Terus Berbenah

PALABUHANRATU – Pentingnya penilaian asesor UNESCO Geopark Global (UGG) untuk keberlangsungan Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP) ...