Home » PEMERINTAHAN » DISDUKCAPIL » Disdukcapil Siap Cetak 53.676 KTP, 10.000 Keping Blanko Sudah Tiba

Disdukcapil Siap Cetak 53.676 KTP, 10.000 Keping Blanko Sudah Tiba

CIBADAK – Sebanyak 10.000 keping blanko KTP-el telah diterima Disdukcapil Kabupaten Sukabumi pada Senin (10/4) lalu. Kendati demikian, pencetakan belum bisa dilakukan lantaran masih nunggu server dari pusat normal kembali.

Informasi yang dihimpun, jumlah 10.000 itu dipastikan tidak akan cukup mencetak KTP-EL untuk warga Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, warga yang sudah masuk datanya sampai pertengahan Desember lalu mencapai angka 53.676 orang. “Alhamdulillah sudah ada, tapi baru 10.000 keping. Tentu ini tidak akan cukup,” ujar Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Ridwan kepada Radar Sukabumi.

Jumlah 53.676 itu lanjut Ridwan, data yang masuk sampai 26 Pebruari. Jumlah itu terdiri dari 9.257 orang yang datanya belum terkirm ke server pusat, 42.204 orang siap cetak dan yang menggunakan surat keterangan KTP-EL sebanyak 2.215 orang. “Yang siap cetak berjumlah 42.205 orang itu, terdiri dari 14.000 orang pemula dan sisanya yang KTP-nya hilang, pindahan dan juga rusak,” imbuhnya.

Sementara data yang belum terkirim ke server pusat, terjadi bukan karena kesalahan dari Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, melainkan langsung dari server pusat. Hal itu karena adanya trabel dari pusat. “Tapi, kami sudah sampaikan permohonan kepada pusat supaya segera mendistribusikan. Karena ini benar-benar sangat dibutuhkan masyarakat,” bebernya.

Kendati saat ini sudah ada 10.000 blanko, namun pihaknya belum bisa melakukan pencetakan. Pasalnya, server dari pusat sampai saat ini masih terjadi gangguan dan kondisi tersebut terjadi tidak hanya di Kabupaten Sukabumi, melainkan seluruh Indonesia. “Belum bisa, servernya masih error. Semoga semuanya mengerti, karena ini terjadi diseluruh Indonesia,” akunya.

Jika server nanti sudah berjalan normal, maka pencetakan akan segera dilakukan. Hanya saja sistemnya, pihaknya akan memprioritaskan warga yang lebih dulu terekam datanya demi menghindari persoalan ditengah-tengah masyarakat. “Dan kami akan perketat pengawasannya. Supaya tidak ada oknum yang memanfaatkan situasi ini,” pungkasnya. (ren/t)

GRAFISS E KTP

Blanko baru diterima 10.000 keping
Jumlah pendaftar E-KTP Hingga Februari 53.676 Orang
Jumlah data yang belum terkirm ke server pusat 9.257 orang
Jumlah data yang siap cetak atau pemula 42.204 orang
Jumlah yang menggunakan Surat keterangan KTP-E 2.215 orang

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

150 Ribu Warga Belum Perekaman E-KTP

CISAAT – Sedikitnya, 150.000 masyarakat Kabupaten Sukabumi belum dilakukan perekaman elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) ...