Home » BERITA KAB SUKABUMI » Puluhan Alat Berat di PU Rusak
Alat-Berat-rusak

Puluhan Alat Berat di PU Rusak

SUKABUMI – Puluhan alat berat milik Pemerintan Kabupaten Sukabumi yang berada di Dinas PU Benglat Kabupaten Sukabumi mengalami keruskan. Dari data yang tercatat sedikitnya terdapat 40 unit alat berat dari berbagai jenis yang mengalami rusak ringan dan rusak berat sehingga tidak bisa di operasikan sebagaimana mestinya.  Diantaranya, empat unit alat berat yang tidak bisa berjalan, dua unit bull doser tipe D31, dua unit mesin gilas enam ton, dua unit exsapator yang berukuran empat ton, well satu unit, motor grader satu unit, whell ther dua unit dan dam truck tiga unit.
Kepala Seksi Alat Betat PU Benglat Kabupaten Sukabumi Taufik Hidayat mengatakan, adanya keruskan alat berat tersebut sangat berdampak terhadap  pengerjaan proyek perbaikan infrastuktur jalan. Seperti perbaikan jalan desa, nasional, provinsi menjadi tidak maksimal.

“Dengan adanya kerusakan puluhan alat berat ini, hampir seluruh efektipitas pembangunan dan perbaikan di Kabupaten Sukabumi menjadi kurang efektif karena alat beratnya banyak mengalami kerusakan. Karena apabila di operasikan alat berat ini pasti ada kendala dan banyak mati mesinnya,” jelas Taufik saat di sambangi Radar Sukabumi di ruang kerjanya di Kantor PU Benglat Kabupaten Sukabumi di Kampung Panggeleseran, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar, Selasa (11/4/2017).

Untuk itu, PU Benglat Kabupaten Sukabumi saat ini tengah melakukan pengajuan untuk penghapusan aset ke Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

“Usulan penghapusan ini, kami lakukan karena jika di perbaiki biayanya tidak seimbang dengan biaya pembelian. Bahkan, pemeliharaan untuk alat berat ini cukup besar anggaranya,” paparnya.
Kerusakan puluhan alat berat ini ujar Taufik, mayoritas di dominasi oleh faktor usia yang sudah cukup lama. Seperti mesin exsapator dan mesin grader yang berusia sejak tahun 1984. Bahkan mesin gilas dari tahun 1981. Pihaknya merasa dengan kondisi puluhan alat berat yang rusak tidak bisa di pakai lagi tentunya sangat kesulitan bila menangani proyek pembangunan jalan di 41 kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Alat berat yang berada di Dinas PU Benglat Kabupaten Sukabumi ini, bukan hanya di gunakan untuk proyek pembangunan infrastuktur jalan saja. Tetapi, jika terjadi bencana alam. Maka, Dinas BPBD Kabupaten Sukabumi selalu meminta bantuan kepada kami untuk menangani bencana longsor dijalan-jalan desa terpencil yang lokasi berada di pelosok,” pungkasnya.

(cr13/t).

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pendamping Desa Santuni Ratusan Anak Yatim

SUKABUMI – Bulan Suci Ramadan 1438 Hijriah, merupakan momentum dimana setiap insan mendekatkan diri kepada ...