Home » DPRD KABUPATEN SUKABUMI » Dewan Pastikan Blanko E-KTP Tidak Ada
DOK GRAFIS RADAR SUKABUMI

Dewan Pastikan Blanko E-KTP Tidak Ada

 SUKABUMI – Munculnya laporan masyarakat terkait Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) yang diterima warga meski blanko kosong, membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi melalui Komisi I angkat bicara.
Bahkan pihak legislatif ini memastikan keberadaan bahwa blanko E-KTP tidak ada setelah sebelumnya mengecek di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi.
 “Saya lagi di Disdukcapil, blanko E-KTP tidak ada,” singkat Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman melalui pesan whatsapp kepada Radar Sukabumi, Rabu (5/4/2017).
 Menurut Asep, komisi I yang memiliki kewengan untuk memberikan pengawasan terhadap Disdukcapil, khususnya pelayanan KTP, selalalu melalukan pemantauan. Terlebih hal tersebut berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat. “Selalu di pantau berkaitan pelayanan kepada masyarakat,” bebernya.
 Sementara itu, Pengamat Hukum Sukabumi Evan Sukrianto juga ikut berkomentar terkait kasus tersebut. Menurutnya, jika meruntut pada permalahan E-KTP itu, besar kemungkinan ada dua hal dalam perkara hukum.
Pertama, menyangkutt soal unsur penipuan dan penyalah gunaan wewenang yang dilakukan oleh oknum. “Ada dua kemungkinan, dimana keduanya dipastikan berujung pada sanksi, bisa pidana atau sanksi adimintrasi,” bebernya.
 Meski tidak menyebutkan dasar aturan secara terperinci, Evan mengugkapkan, permasalahan tersebut sudah menyalahi perundang-undangan. “Jika benar, ini menyangkut KUHPidana, UU Adminduk, dan mungkin ada perda tentang adminduk,” tukasnya.
(cr10/t)
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ulama Jadi Pondasi Keagamaan

CISAAT – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami meminta para ulama dan jajarannya untuk sama-sama menjadi pondasi ...