Berita Terkini
Home » BERITA » Desy Beri Alat Pencetak E-KTP
PAPARAN: Kepala Disdukcasip Sofyan Effendi bersama Anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Kabupaten/Kota Sukabumi, Desy Ratnasari saat memberika arahannya. FOTO: WAHYU/RADAR SUKABUMI

Desy Beri Alat Pencetak E-KTP

CISAAT – Anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Kabupaten/Kota Sukabumi, Desy Ratnasari berjanji akan memberikan satu unit alat pencetakan e-KTP kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcasip) Kabupaten Sukabumi. Ungkapan tersebut dilontarkan Desy saat melakukan kunjungan ke Kantor Disdukcasip, kemarin (16/02/2017).

Menurut Desy, bantuan yang bersumber dari dana aspirasi ini diharapkan dapat membantu administrasi catatan sipil bagi masyarakat di pelosok daerah, mengingat keberadaan alat pencetakan e-KTP sangat terbatas.

“Semoga bantuan ini bisa membantu warga dan Disdukcasip dalam masalah kelengkapan administrasi,” ujar Desy di sela-sela kunjungannya.

Ia mengaku, pihaknya tidak menutupi jika saat ini memang terdapat permasalahan pada bidang administasi di pemerintahan pusat, salah satunya soal keberadaan bahan baku e-KTP atau blangko. Menurut dia, tidak adanya blangko tersebut menjadi permasalahan untuk masyarakat, terlebih pada aktivitas yang memerlukan hal tersebut.

“Kita akui, Disdukcasip pun mendapatkan imbas dari kejadian ini. Untuk itu kita akan terus upayakan agar Kemendagri yang menangani hal ini bisa segera memberikan solusi,” akunya.

Sementara itu, Kepala Disdukcasip, Sofyan Effendi menambahkan, permasalahan blangko ini sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir ini, sehingga pihaknya kerap menjadi bulan-bulanan warga yang ingin membuat dan memperpanjang e-KTP. “Blangko e-KTP merupakan kewenangan pemerintah pusat,” tambahnya.

Disinggung soal bantuan alat pencetakan e-KTP, Sofyan mengapresiasi bantuan tersebut. Menurut dia, bantuan yang diberikan akan lebih memudahankan masyarakat di daerah yang nantinya ingin membuat e-KTP. Mengingat, saat ini hanya ada sepuluh alat pencetak e-KTP di Kabupaten Sukabumi. “Tiga di Kantor Disdukcasip dan tujuh lainnya disebar di tujuh UPTD,” terang dia.

Saat ini pun, pihaknya sedang mengajukan penambahan alat tersebut sebanyak sepuluh unit. “Mudah-mudahan bisa terealisasi sepuluh unit lagi dan satu dari Ibu Desy. Sehingga kita punya 21 unit seluruhnya,” pungkas Sofyan.

(why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jalan Longsor Timbun Tiga Rumah

SUKABUMI – Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi beberapa hari terakhir, mengakibatkan jalan penghubung dua ...