Home » PEMERINTAH KAB SUKABUMI » Bupati: Puskesmas Harus Paham soal Geopark
Marwan Hamami

Bupati: Puskesmas Harus Paham soal Geopark

SUKABUMI – Tingginya harapan Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk mengangkat kawasan Geopark menjadi kawasan pariwisata dunia, membuat Bupati Sukabumi Marwan Hamami terus menggelorakan semangatnya, terlebih menyangkut budaya sehat di kawasan Geopark.

“Saya berharap, puskesmas yang berada dekat dengan Geopark nanti harus membuatkan program khusus guna mengangkat budaya sehat,” terang Marwan Hamami di sela rapat kerja dengan puskesmas se-Kabupaten Sukabumi, belum lama ini.

Menurut Marwan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mendorong kawasan Geopark sehat akan membuat program 100 toilet untuk kawasan Geopark.

Sehingga, khusus untuk delapan puskesmas yang berada di kawasan Geopark bisa membantu melalui koordinasi dengan pihak pengelola untuk menempatkan tempat yang layak dari sisi kesehatan.

“Pegawai di puskesmas nanti bisa berkoordinasi dengan pengelola khususnya menyangkut dengan sumber air,” paparnya.

Lebih lanjut Marwan meminta kepada delapan puskesmas khususnya untuk lebih menguasai pemahaman tentang Geopark.

Bahkan, kata Marwan, wajib hukumnya program puskesmas harus ada kaitannya dengan program Geopark.

“Sebagai lembaga kesehatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat puskesmas harus bisa lebih memiliki pemahaman, dan programnya harus ada benang merah dengan Geopark,” terangnya.

Ditambahkan Marwan, jika puskesmas tidak mampu memberikan progres program yang menyangkut tentang Geopark, dipastikan nilai untuk mengangkat kesehatan kawasan Geopark akan langsung habis.

Padahal, di sisi lain sambung Marwan, saking semangatnya Provinsi Jabar, sebelum menetapkan program untuk yang lain, pasti ditanya terlebih dahulu Geopark.

“Jadi intinya kita harus bersama-sama untuk mendorong kawasan Geopark lebih punya budaya sehat dan kawasan sehat baik masyarakat maupun tempatnya,” tukasnya. .

(cr10/t)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Idul Fitri, Satpol PP Persiapkan Anggota

SUKABUMI – Memasuki pekan penyelenggaraan perayaan Idul Fitr 1438 Hijriyah. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol ...