Berita Terkini
Home » INFRASTRUKTUR » Soal Izin, Jadi Kendala Tol Bocimi, 2018 Belum Dipastikan Dibangun
denah jalan yang dilalui tol Bocimi

Soal Izin, Jadi Kendala Tol Bocimi, 2018 Belum Dipastikan Dibangun

CIBADAK – Masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi kembali harus bersabar untuk dapat menikmati jalan Tol Bocimi. Pasalnya, rencana pembangunan pada 2018 ke Sukabumi belum bisa dipastikan. Alasannya, terbentur masalah perizinan dan anggaran pembangunan.

“Terkendala persoalan izin dan kebijakan fiskal yang masih sedikit, jadi belum bisa dipastikan apakah 2018 akan dapat direalisasikan pembangunannya atau tidak,” ujar Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan kepada Radar Sukabumi, kamis (19/1/2017).

Persoalan perizinan, lanjut Heri, yakni belum selesainya kontrak pelaksanaan proyek yang hari ini dikerjakan oleh pihak MNC Group. Sebelumnya, proyek pembangunan tol dikerjakan pihak Bakri Group.

“Ini izin konsesinya belum habis. Kalau nanti pihak MNC Group tidak sanggup melanjutkan pembangunan, kami harap BUMN yang ambil alih. Banyak kok BUMN kita yang bergerak dalam pembangunan,” imbuhnya.

Sementara kebijakan fiskal, masih kata Hergun sapaan akrab Heri Gunawan, yakni terbatasnya anggaran negara. APBN saat ini masih kecil dan belum kuat untuk kembali menggelontorkan anggaran.

“APBN kita itu sekitar Rp1.000 triliun lebih. Tentunya, nominal tersebut kecil. Jadi untuk Tol Bocimi, kami belum bisa pastikan, kapan pembangunan ke Sukabumi,” bebernya.

Disinggung soal pernyataan Presiden Joko Widodo yang menghendaki 2018 Tol Bocimi pembangunannya sudah dimulai, politkus Partai Gerindra itu menyikapinya dengan datar. Ia menyatakan, realistis hari ini sepertinya sulit untuk mewujudkannya.

“Ya kita lihat saja nanti, apakah bisa terwujud atau tidak. Kalau melihat kendala hari ini, sepertinya tidak mungkin,” tukasnya.

Civitas Publik Sukabumi, Bambang Rudianto meminta supaya para wakil rakyat yang berada di Senayan terus aktif mendorong percepatan pembangunan di Sukabumi khususnya Tol Bocimi.

Pasalnya, tingkat kemacetan di Kabupaten Sukabumi sudah akut dan solusinya ialah dengan segera mewujudkan jalan tol.

“Pokoknya kami meminta supaya para wakil rakyat terus aktif mendorong percepatan pembangunan. Karena Tol Bocimi hari ini, sudah menjadi kebutuhan untuk menekan angka kemacetan di Kabupaten Sukabumi,” singkatnya.

(ren/t)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jalan Terminal Palabuhanratu Perlu Perbaikan

PALABUHANRATU – Sejumlah penumpang di Terminal Palabuhanratu mengeluhkan keberadaan jalan terminal yang tidak kunjung diperbaiki ...