Berita Terkini
Home » ADE DASEP ZAENAL ABIDIN » Minta Tradisikan Santuni Anak Yatim
MENYANTUNI: Wakil Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sukabumi Ade Dasep Zaenal Abidin saat menyantuni salah satu anak yatim berusia enam bulan di Masjid Albadriyah Desa Cijengkol Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi pada Jumat (6/1).

Minta Tradisikan Santuni Anak Yatim

SUKABUMI – Kalau ditanya, ada berapa persen umat Islam yang mau peduli mengambil tanggung jawab sebagai orang tua dari sekian banyak anak yatim? Ya mungkin hanya sebagian persen saja yang sudah melakukan hal itu. Padahal, dalam kitab suci Alquran, ada begitu banyak ayat yang menjelaskan tentang tanggung jawab umat muslim agar memerhatikan dan memelihara anak yatim. Baik dari segi kejiwaan, serta sosial kemasyarakatannya.

Termasuk, ayat yang menerangkan tentang menghina kondisi mereka (anak yatim). Hal itulah yang membuat Ade Dasep Zaenal Abidin peduli kepada anak yatim yang ada di Kabupaten Sukabumi khususnya di daerah pemilihannya dulu (dapil V, red) dengan menyantuni mereka secara rutin.

“Ada 22 ayat dalam Alquran yang menjelaskan tentang anak yatim. Apa artinya itu? Ya bahwa sebagai umat muslim sudah seharusnya peduli kepada mereka (anak yatim, red). Salah satunya, ayat yang menerangkannya adalah Surah An-Nisa ayat 2 yang berbunyi ‘Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah balig) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu.

Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu adalah dosa yang besar’,” jelas ade Dasep saat Jumat Keliling (Jumling) di Masjid Albadriyah Desa Cijengkol Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi pada Jumat (6/1) lalu.

Orang yang dikenal sebagai Wakil Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sukabumi ini, diketahui sudah menyantuni 686 anak yatim dan 646 Alquran yang sudah diwakafkan. Menurutnya, angka 646 Alquran tersebut berarti enam adalah Jumling hari Jumat, empat merupakan nomor dulu pas waktu jadi calon legislatif dan enam merupakan nomor Partai Gerindra.

Sementara untuk angka 686 anak yatim yang sudah memiliki arti tanggal 6 merupakan Jumling hari Jumat, angka delapan panggilan Prabowo Subianto (Ketum Gerindra, red) yakni bapak 08 dan angka 6 adalah nomor Partai Gerindra.

“Jumling kali ini bagi saya paling berkesan, karena angka tersebut ternyata sangat pas dan cocok dengan partai dan pendiri Partai Gerindra (Prabowo, red). Lebih berkesan lagi, kemarin saya menyantuni anak yatim yang usianya enam bulan. Saya merasa apa yang dilakukan itu sesuai dengan visi dan misi partai dan selaku umat muslim saya juga mengajak kepada masyarakat agar mentradisikan menyantuni anak yatim,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kegiatan wakaf Alquran dan infak yang rutin dilakukan sebagai dari tanggung jawab dirinya kepada rakyat. Meski program ini hanya dilakukan seminggu sekali, setidaknya memiliki dampak baik bagi Kabupaten Sukabumi untuk lebih baik.

“Semoga program seperti ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi, khususnya masyarakat yang ada di dapil V. Sudah menjadi kewajiban saya sebagai wakil rakyat untuk peduli kepada rakyat. Mari tradisikan hal yang bersifat membangun Kabupaten Sukabumi untuk lebih naik,” tukasnya. (hnd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Adza: Pemerintah Bebani Rakyat

CIBADAK – Kebijakan pemerintah pusat yang menaikkan sejumlah harga belum lama ini mendapat kritikan dari ...