Home » DESA » Desa Cibuntu Gelar Syahriahan
KHIDMAT: Suasana pengajian bulanan di Balai Desa Cibuntu, rabu (4/1).

Desa Cibuntu Gelar Syahriahan

SIMPENAN – Puluhan ustad dan perwakilan warga Desa Cibuntu Kecamatan Simpenan melakukan pengajian rutinan di Aula Desa Cibuntu, kemarin (4/1). Pengajian yang digagas Kepala Desa Cibuntu, Yosep Lesmana ini, selain membahas kitab kuning juga dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi warga. “Ini kegiatan rutinan dan sudah lama kami lakukan,” jelas Yosep.

Pengajian tersebut, terang Yosep, merupakan upaya menyamakan persepsi dalam melakukan ibadah sehari-hari maupun metode dalam merealisasikan keagamaan. “Kita menjaga keyakinan dan berupaya untuk meminimalisir masuknya keyakinan baru atau aliran-aliran baru,” tegasnya.
Apalagi sejauh ini, lanjut Yosep, sering kali warga belajar secara instan dengan menggunakan Google, sehingga referensi untuk beribadah seolah digampangkan. “Kalau kyai yang menyampaikannya secara langsung, kan jelas keterangannya dan bisa dipertanggungjawabkan,” beber Yosep.

Selain itu, kegiatan yang sering kali disebut syahriahan itu, merupakan ajang ‘tepang sono’ antar pejabat desa, tokoh masyarakat, kyai maupun elemen lainnya. Sehingga, jika ada persoalan terkait pembangunan maupun kebijakan yang dilakukan oleh pihak desa, bisa dibicarakan dari hati ke hati. “Ini bisa sebagai wadah penyampaian aspirasi dan wadah untuk mempererat tali silaturahmi sehingga bisa menjaga perpecahan sesama warga atau golongan,” beber Yosep.

Dirinya berharap, pengajian rutinan yang jangkanya cukup lama tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Apalagi, kegiatan tersebut sempat berhenti lama. “Kita jalankan lagi pengajian rutinan ini, dan semoga semuanya istiqomah serta bisa mengambil manfaatnya,” pungkas Yosep. (cr3/d)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peran PKK Harus Maksimal

SUKABUMI – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) merupakan mitra pemerintah daerah Kabupatem ...