Home » UTAMA » Lapas Warungkiara Diperketat
DIGELEDAH : Petugas BNNK Sukabumi saat melakukan pemeriksaandi Lapas Kelas III Warungkiara, beberapa waktu lalu.

Lapas Warungkiara Diperketat

DIGELEDAH : Petugas BNNK Sukabumi saat melakukan pemeriksaandi Lapas Kelas III Warungkiara, beberapa waktu lalu.

DIGELEDAH : Petugas BNNK Sukabumi saat melakukan pemeriksaandi Lapas Kelas III Warungkiara, beberapa waktu lalu.

WARUNGKIARA – Terjadinya kerusuhan di Lapas Banceuy, Bandung, belum lama ini membuat pihak Lapas Kelas III Warungkiara memperketat pengawasan dan pengamanannya. Selain keseharian warga lapas yang terus diawasi, juga setiap pengunjung lapas diperiksa secara ketat.

 “Insya Allah di sini aman. Karena pengawasan di lapas ini sangat ketat,” ujar Kalapas Kelas III Warungkiara, Risman Somantri kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

 Menurut Risman, diperketatnya pengawasan Lapas Warungkiara dimulai dari larangan membawa alat komunikasi dan alat lainnya yang dipandang membahayakan.
“Kami memperketat ini selain menghindari barang dari luar, juga operasi kamar tahanan yang rutin dengan para sipir. Ini tentunya demi kondusifitas Lapas Warungkiara,” jelasnya.

 Selain itu, upaya pencegahan terjadi aksi kerusuhan, pihaknya juga terus memberikan pembinaan kepada seluruh warga binaan. Hal ini dipandang perlu dilakukan, karena secara psikologis mereka harus diberikan arahan dan binaan.

 “Penyadaran hukum itu substansinya. Supaya mereka menyadari kesalahannya dan tidak mengulangi perbuatannya di kemudian hari,” singkatnya.

 Sementara itu, Direktur Lembaga Analisa dan Transparansi Anggaran Sukabumi (Latas), Mohd Fery Permana mengatakan, peristiwa Lapas Banceuy ini menjadi catatan penting bagi Lapas Warungkiara supaya tidak terjadi hal yang sama. Persoalan ini bukan soal pengamanan internal dan eksternal, melainkan kenyamanan diri para tahanan.

 “Kami mengharapkan soal kondusifitas dan kerukunan antar para tahanan atau warga menjadi penyebab utamanya. Terkadang dalam hal yang sepele antar para napi, makanya perlu intensif memberikan pembinaan,” singkatnya. (ren/d)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kinerja Samsat Harus Optimal

CIBADAK – Kantor Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah (CPPD) Provinsi Jawa Barat Wilayah Kabupaten Sukabumi I ...