ISTANAKota SukabumiSUKABUMI

Jokowi Rahasiakan Lokasi Bandara, Double Track Tahun Ini Jalan Tol 2019

SUKABUMI – Kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Kota Sukabumi, ternyata tak hanya sekedar mengulang sejarah yang dilakukan Presiden pertama RI, Sukarno. Tapi juga, memberikan berdampak besar pada pembangunan Sukabumi kedepan.

Setidaknya ada tiga pembangunan besar yang dirancang bagi masyarakat untuk terbebas dari horornya kemacetan jalur Sukabumi-Bogor maupun Sukabumi-Bandung. Salah satunya, pembangunan bandara internasional. Hanya saja, khusus untuk rencana pembangunan ini lokasinya masih dirahasiakan. “Lokasinya masih dirahasiakan, antisipasi adanya mafia tanah sehingga harga tanah menjadi melambung tinggi,” tutur Jokowi.

Rencananya, bandara tersebut bisa beropersi pada tahun 2020. Sementara untuk pembangunan fisiknya, direncanakan akan dimulai tahun 2019 dan pada 2018 diharapkan tanahnya sudah selesai.

Selain progres pembangunan bandara, Jokowi juga memastikan pembangunan jalur ganda kereta api (double track) Bogor-Sukabumi akan dimulai tahun ini. Jokowi meyakini, pelaksanaan pembangunan jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi dapat dimulai tahun ini karena anggarannya telah tersedia.

“Kemarin sudah kita lihat sangat memungkinkan dan tahun ini langsung kita segera kerjakan. Anggarannya kemarin dihitung kurang lebih Rp400-an miliar,” beber Jokowi.

Mengingat besarnya manfaat bagi percepatan mobilitas orang dan barang, Presiden menyatakan akan melanjutkan proyek tersebut hingga Cianjur dan Bandung. Rencananya, proyek tersebut akan dimulai tahun depan dan selesai pada 2019 mendatang.

“Sudah saya perintahkan kemarin untuk disurvei yang dari Sukabumi-Cianjur dam menuju ke Bandung. Revitalisasi total dilihat lagi juga, kalau itu tahun berikutnya berarti 2019,” terang Jokowi.

1 2Laman berikutnya
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close