Kota SukabumiSUKABUMI

HUT TNI, Ziarah Kubur Untuk Pahlawan

SUKABUMI – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI), bersama Pemerintah Kota Sukabumi, melakukan ziarah kubur ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia di Jalan Surya Kencana, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Rabu (4/10).

Sebelum memanjatkan doa dan menabur bunga di makam pahlawan, ratusan anggota terlebih dahulu telah melakukan upacara ziarah yang diikuti oleh TNI dari Kodim 0607 Kota Sukabumi, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Sekda Kota Sukabumi, Kapolres Sukabumi Kota dan lainnya.

“Acara ziarah ini, merupakan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam mewujudkan kemerdekaan.Para pahlawan yang terdiri dari pejuang, veteran, TNI dan Polisi serta para kyai ini, merupakan suri tauladan yang patriot. Semoga arwah para pejuang mendapat tempat yang layak di alam Barzah,” jelas Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letnan Kolonel Inf, Mohammad Mahfud As’at, kepada Radar Sukabumi.

Sementara itu, Sekda Kota Sukabumi, Hanafie Zain menjelaskan, kegaiatan ziarah ini merupakan sebuah tradisi untuk menghormati kebudayaan adat istiadat dan menghargai para tokoh yang ada serta para pahlawan sebagai pendahulu.

“Semoga nilai-nilai yang kita percaya ini mengajarkan kita kebaikan dan cinta kedamaian, untuk itu mari kita membawa ajaran Islam pada tataran yang sebenarnya, sehingga dalam mengawal dan menjaga bangsa ini, khususnya di Kota Sukabumi, dapat tercipta rasa aman dan kedamaian secara lahir dan batin,” bebernya.

Sebagai bentuk rasa terima kasih, ia mengatasanamakan masyarakat Kota Sukabumi dan pemerintah daerah Kota Sukabumi mengucapkan selamat HUT kepada TNI yang telah berjasa dalam memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan bangsa dari belenggu penjajah.

Karenanya di komplek pemakaman taman makam pahlawan ini, peringatan tersebut digelar sekaligus mengingat jasa para prajurit yang telah wafat.

“Kami atas nama masyarakat dan pemerintah daerah mengucapkan dirgahayu TNI yang ke-72 tahun, semoga TNI makin maju dan semakin dicintai rakyatnya,” ujarnya.

Upacara yang berlangsung khidmat itu, juga dirangkaikan dengan peletakan karangan bunga sebagai ucapan selamat HUT ke-72 TNI di depan tugu Taman Makam Pahlawan.

Selain itu, sejumlah makam pahlawan juga diziarahi oleh seluruh peserta upacara sekaligus doa kepada makam para pahlawan. (cr13/d)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close