Pemkab SukabumiSUKABUMI

Gaji Guru Tidak Dibayar Tunai Lagi, Tapi Sistem Payroll

SUKABUMI – Mulai tahun depan seluruh pembayaran gaji guru maupun pegawai PNS di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi tidak lagi mengunakan pembayaran sistem tunai. Sistem pembayaran gaji akan dilakukan melalui sistem Payroll atau sistem gaji online.

Kepala Disdik Kabupaten Sukabumi, Maman Abdurachman mengatakan, pemberlakukan sistem pembayaran Payroll dipastikan efektif dilakukan per 1 Januari 2018 mendatang. “Sistem payroll memiliki manfaat dan keuntungan lebih banyak dibanding dengan sistem manual. Dari segi keamananan dan kecepatan pelaporan,”kata Maman kepada Radar Sukabumi.com usai acara Sosialisai Pembayaran Non Tunai dan Pembayaran Sistem Payroll di Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, yang dibuka Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Kamis (12/9).

Sistem Payroll juga kata Maman bisa menghindari pemotongan tidak jelas, sebagaimana lazimnya terjadi pada pembayaran tunai.”Guru atau pegawai dinas pendidikan nanti tidak  perlu lagi was-was karena ada dugaan pemotongan, sehingga bisa juga menghindari sangkaan pemotongan-pemotongan tidak jelas,”terangnya.

Selama dua hari, sosialisasi Payroll diberikan kepada 47 bendehara unit pelaksana teknis dinas (UPTD) pendidikan, 50 bendahara bendahara 50 sekolah SMP dan bendahara Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.”Mereka nanti yang akan mensosialisasikannya di lapangan,”pungkas Maman.

Sementara Marwan Hamami dalam sambutannya mengatakan akan memberlakukan juga sistem Payroll di semua dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.”Harus kita upayakan agar sistem ini bisa dilakukan juga di dinas-dinas yang lain,”ungkapnya.

Berikut manfaat menggunakan aplkasi Payroll :

  1. Lebih hemat waktu, yang asalnya penghitungan gaji untuk 100 orang yang bisa menghabiskan beberapa hari bisa dengan cepat di hitung dalam 1 hari, kenapa bisa begitu karena di aplikasi payroll telah tersedia penghitugan gaji berdasakan kehadiran yang sudah sinkron dengan alat finger print(absensi menggunakan sidik jari) dan terdapat modul lembur yang mempermudah penghitugan gaji berdasarkan berapa harikah si pegawai hadir dan berapa lama dia lembur bisa di htung otomatis dengan menggunakan palikasi payroll.
  2. Lebih hemat pegawai HRD, biasanya untuk menghitung gaji 100 pegawai dalam 1 hari membutuhkan HRD lebih dari 3-5 orang tapi dengan adanya Aplikasi Payroll yang membantu dalam perhitungan gaji cukup dengan 1-2 HRD yang di butuhkan perusahaan dan dengan lebih cepat dan sedikit karyawan yang di pekerjakan lebih menghemat keungan perusahaan.(Irw)
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close