Dinas Pendidikan Kabsi Terapkan Pendidikan Keluarga

SUKABUMI –– Program Pendidikan Keluarga yang digagas Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, kembali menggelar.

Kegiatan untuk kesebelas kalinya ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada kepala satuan pendidikan tentang pentingnya pelibatan keluarga dan masyarakat dalam pendidikan anak dari jenjang PAUD, SD, SMP serta Satuan Pendidikan Non Formal (PKBM).

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pendidikan Paud dan Dikmas Kabupaten Sukabumi, Een Sumirat Abdullah mengatakan, program ini guna meningkatkan peran serta dalam pendidikan, khususnya layanan pendidikan yang bersasis kerjasama antara sekolah dengan orang tua, dalam upaya membangun kualitas generasi lebih baik lagi

. Satuan pendidikan dan masyarakat yang berlandaskan azas gotong royong, kesamaan kedudukan, saling percaya, saling menghormati dan kesediaan untuk berkorban dalam membangun ekosistem pendidikan yang menumbuhkan karakter serta budaya prestasi peserta didik.

“Kerena keluarga sangat penting untuk dilibatkan untuk mendukung berjalannya suatu pendidikan disekolah,” kata Een kepada Radar Sukabumi kemarin, (8/9).

Lanjut Een, pengasuhan orang tua terdadap anaknya hal yang perlu dipelajari secara continue setiap keluarga, agar tanggap dan responsif pada setiap tahap perkembangan yang dialami anak,.

“Dengan begitu, proses pendidikan terhadap anak akan berhasil jika semua elemen bergerak selaras dan saling mendukung tumbuh kembang anak yang sehat,” paparnya.

Een menambahkan, seorang anak akan menjadi baik atau tidak sangat tergantung pada sifat yang tumbuh dalam kehidupan keluarga

. Sebab, lingkungan sangat mempengaruhi pertumbuhan anak sehingga pendidikan keluarga tersebut merupakan dasar terpenting.

Sebab itu, pihanya menghimbau pada setiap sekolah agar melakukan pertemuan antara wali kelas dengan orang tua murid minimal dalam satu semester sekolah menlakukan dua kali pembahasan tentang program sekolah, kegiatan dan kemajuan anak dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Selain itu, perlu adanya adanya kelas inspiratif dan orang tua inspiratif.

“Mudah-mudahan dengan program pendidikan keluarga ini dapat memberikan dan melahirkan rumusan yang dapat membawa kemajuan serta perbaikan dibidang pendidikan, sehingga tujuan untuk mewujudkan masyarakat lebih baik akan dapat tercapai,” harapnya. (cr16/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *