Home » BERITA » Melambungnya Harga Ayam Pengaruhi Inflasi
Pedagang melayani konsumen yang hendak membeli ayam potong di salah satu pasar tradisional Kota Sukabumi. FOTO: WIDI/RADARSUKABUMI

Melambungnya Harga Ayam Pengaruhi Inflasi

SUKABUMI – Naiknya harga daging ayam potong di sejumlah pasar di Kota Sukabumi selama satu bulan terakhir, berdampak pada pergerakan nilai inflasi Kota Sukabumi selama Mei 2017.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi mencatat, selama Mei 2017 laju inflasi Kota Sukabumi sebesar 0.49 persen atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 127.34 persen pada April 2017, menjadi 127.96 persen pada Mei 2017.

Kasi Distribusi BPS Kota Sukabumi Sri Rachmawati menuturkan, adanya laju kenaikan inflasi Kota Sukabumi pada Mei 2017 disebabkan oleh adanya kenaikan harga daging ayam ras, telur ayam ras, dan juga dampak dari kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang ikut andil terhadap adanya inflasi di kota berjuluk Kota Mochi ini.

“Dari hasil pendataan, tujuh kelompok pengeluaran enam kelompok diantaranya mengalami inflasi,”ujar Sri kepada Radar Sukabumi, JumatĀ (9/6/2017).

Inflasi tertinggi ada pada kelompok bahan makanan sebesar 1.14 persen, diikuti kelompok perumahan, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0.57 persen, kelompok kesehatan sebesar 0.30 persen, kelompok makanan dan minuman, rokok, tembakau sebesar 0.27 persen dan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0.10 persen.

“Satu kelompok mengalami deflasi terjadi pada kelompok sandang sebesar 0.05 persen, sedangkan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga tidak mengalami perubahan,” terangnya.

(Visited 40 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Industri Pelumas Sasar Mobil LCGC

SURABAYA– Kebutuhan pelumas mesin kendaraan roda empat makin besar seiring pertumbuhan pangsa pasar mobil, khususnya ...