Home » BERITA » Melirik Pengusaha Donat Asal Cisaat… Modal Rp100 Ribu, Kini Beromzet Rp120 Juta Per Bulan
FOTO: DIANA/RADARSUKABUMI TEKUN: Sejumlah karyawan donat milik Jujun Junaedi saat memproduksi ribuan donat di pabriknya.

Melirik Pengusaha Donat Asal Cisaat… Modal Rp100 Ribu, Kini Beromzet Rp120 Juta Per Bulan

Jujun Junaedi adalah salah satu pengusaha makanan yang sukses dari ribuan pengusaha lainnya. Kini ia memiliki omzet Rp120 juta per bulan. Padahal, saat merintis hanya bermodalkan semangat, tekun dan uang Rp100 ribu.

Laporan: Diana Novita Hidayat – Sukabumi

Jika sebuah usaha ditekuni, pasti ada hasilnya. Keberhasilan itu baru dirasakan setelah menjalankan usaha dengan sungguh-sungguh serta penuh kejujuran dan keikhlasan. Ya, Jujun Junaedi pengusaha donat asal Kampung Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Saat wartawan koran ini mengunjungi pabriknya, terlihat sejumlah pemuda tengah berjibun membuat adonan. Puluhan karung tepung terigu pun terlihat menumpuk di sudut. Ya, mereka sepuluh karyawan Jujun yang sedang membuat makanan berbentuk bulat dan bolong.

Sepintas, melihat usaha yang begitu besar, tak mungkin dengan modal yang sedikit. Namun nyatanya, Jujun merintis usahanya dengan uang Rp100 ribu pada 20 tahun silam.

Dari Rp100 ribu itu, ia bisa mencetak 200 donat siap jual. Ya tentu saja, ia bekerja sangat mandiri. Mulai dari belanja, mencetak, menggoreng hingga menjualnya. Dari hasil penjualannya itu, ia terus mengembangkan usahanya.

“Padahal awalnya iseng. Makanya modal pun hanya Rp100 ribu. Tapi karena responsnya bagus, saya tekuni terus. Alhamdulillah sekarang saya punya sepuluh karyawan,” jelas Junaedi kepada Radar Sukabumi, Selasa (27/12/2016).

Usahanya semakin maju, terlebih setelah dirinya menikah. Kini, dalam sehari, ia mampu membuat donat dengan menghabiskan tepung 25 bal per hari. Dalam tiga hari, rata-rata ia belanja sekitar Rp15 juta. Sedangkan omzetnya per bulan mencapai Rp120 juta.

“Alhamdulillah, mungkin sudah menjadi rezeki anak-anak. Donat kami banyak pesanan, apalagi musim maulid nabi seperti ini,” imbuhnya.

Jika ingin menikmati donat buatan Jujun, kini sampai ke pasar di Kota Sukabumi, Parungkuda, Cibadak, Cisaat, Cicurug, Cianjur, Bogor hingga Serang Banten.

“Ada dua jenis. Donat biasa dan donat bantal. Donat biasa hanya Rp400 dan donat bantal Rp700,” sebutnya.

(cr11/t)

(Visited 893 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kementan Luncurkan Varietas Ayam Lokal Pedaging Unggul

JAKARTA – Balai Penelitian Peternakan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan varietas Ayam ...