Ponpes Terluas di Jabar Siap Dibangun

Usman Effendi

Usman Effendi

SUKABUMI-Pengusaha asal Kecamatan Cicantayan, Usman Effendi siap membangun pondok pesenteran (ponpes) terbesar dan terluas se-Jabar. 

Rencananya, Bendahara Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sukabumi ini akan membangun ponpes plus sekolah menengah kejuruan (SMK) berbasis sains dan teknologi pertanian ini di wilayah Desa Gede Pangrangro Kecamatan Kadudampit, tahun ini di atas luas tanah sekitar 70 hektare lebih.

“Saya sudah bicarakan hal ini dengan Pak Gubernur Ahmad Heryawan dan Pak Bupati Sukmawijaya. Intinya mereka setuju dan begitu mengapresiasi rencana ini,”kata Usman kepada Radar Sukabumi (15/1).

Menurut Usman, latarbelakang pembangunan ponpes yang ditaksir menelan biaya puluhan miliar ini didasari niat ingin membangun Sukabumi dan membangun sumber daya manusianya.

Calon anak didik di ponpes nanti diprioritaskan bagi kalangan keluarga kurang mampu. Untuk biaya pendidikannyapun seloroh Usman akan digratiskan. Untuk menghidupi keberlangsungan ponpes, Usman siap membiayainya dari kantong pribadi serta produk pertanian hasil garapan santri-santri di ponpes nanti.

“Saya ingin mewujudkan sesuatu yang nyata bagi Sukabumi. Insya Allah dengan cara ini akan bermanfaat bagi orang banyak,”terangnya.

Model pendidikan di ponpes nanti kata Usman, itu akan memadukan pendidikan agama dengan pendidikan terapan sains teknologi pertanian. Di mana, daerah Kadudampit sebagai daerah potensi pertanian, sangat cocok untuk dijadikan pendidikan atau pelatihan pola teknologi pertanian terpadu.”Saya pun sudah intens komunikasi dengan pihak ITB dan IPB, sebab nanti juga para pengajar atau tenaga ahli yang mendidik santri-santri di ponpes tersebut berasal juga dari dosen ITB dan IPB,”tukas Usman seraya berharap masyarakat Sukabumi turut mendoakan dan mendukung pembangunan ponpes tersebut.(wan)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=95930

Posted by on 16 Jan 2014. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

1 Comment for “Ponpes Terluas di Jabar Siap Dibangun”

  1. akan semakin berkurang lahan pertanian dan penghijauan didaerah tersebut dan berdampak pula berkurangnya air bersih untuk masyarakat

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
-->