Marwan, Badri dan Jajuli Bersaing

*Untuk Pimpin Kwarcab Gerakan Pramuka

BERSAING?: Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka, Marwan Hamami, Wakil Bupati, Akhmad Jajuli dan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi dalam suatu acara pramuka di Kecamatan Warungkiara.poto/dokhumaskabsi

SUKABUMI-Musyawarah Cabang (Muscab) Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi yang hari ini dilaksanakan di Samudera Beach Hotel (SBH) Palabuhanratu, dipastikan bakal berlangsung seru. Pasalnya, tiga nama yakni Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi dan Wakil Bupati Sukabumi, Akhmad Jajuli siap dipilih oleh peserta muskab untuk menempati kursi Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sukabumi untuk lima tahun kedepan.
Informasi yang dihimpun Radar, sebelum nama Badri Suhendi dan Akhmad Jajuli yang juga keduanya merupakan Pembina Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi muncul. Nama Marwan Hamami sebelumnya sudah diplot untuk memimpin kembali Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi untuk lima tahun kedepan alias akan diaklamasi. Hanya ketika figur Badri Suhendi dan Akhmad Jajuli muncul, rencana aklamasi pun berubah. Soal menyusun dukunganpun, ketiganya dikabarkan sudah menghimpun kekuatan ke pengurus ranting.
Ketua panitia Muskab Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi Ali Iskandar membenarkan apabila tiga nama tersebut memang sudah ramai diperbincangkan di internal pengurus kwarcab dan kwaran.”Ketiga nama tersebut sudah ramai dibicarakan. Hanya kepastian pencalonannya kita belum tahu pasti, apakah beliau-beliau sudah bulat atau masih hanya wacana saja,” ujar Ali Iskandar saat dihubungi Radar, kemarin.
Kabag Bina Keagamaan Setda Kabupaten Sukabumi ini mengatakan, sesuai kepengurusan tingkat ranting, jika ketiga nama itu jadi diusulkan di muscab, maka akan memperebutkan  47 suara pengurus kwaran dan 1 suara dari pengurus kwarcab.”Ketiganya berpeluang dan tentu kita semua berharap siapapun nanti yang terpilih bisa membawa perubahan signifikan bagi kemajuan pramuka di Kabupaten Sukabumi,” kata Ali.
Ali menambahkan, dilihat dari latar belakang keaktifkan di pramuka. Marwan Hamami, Badri Suhendi dan Akhmad Jajuli sama-sama memiliki riwayat perjalanan pernah aktif
Dihubungi terpisah, Marwan Hamami pun mengaku apabila pencalonannya didasari atas desakan dari pengurus baik itu kwarcab maupun kwaran.”Niat saya aktif di pramuka semata-mata karena ingin bermanfaat bagi orang banyak, apalagi di pramuka sebagai wahana pembentukan kader bangsa, jelas bagi saya sangat strategis,”ungkapnya.
Mantan Wakil Bupati Sukabumi ini menegaskan, kendati dirinya saat ini masih aktif sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi. Akan tetapi Marwan “bersumpah” tidak akan membawa-bawa organisasi pramuka ke ranah politik praktis atau kepentingan sesaat yang pada akhirnya membawa organisasi yang didirikan oleh  Lord Robert Baden Powell of Gilwell ini.
“Buktinya selama saya diamanahi menjabat ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi periode 2007 sampai 2012, saya tidak pernah membawa-bawa organisasi pramuka untuk kepentingan politik saya. Kalau tidak percaya silahkan tanyakan ke pengurus pramuka yang lain, apakah saya pernah mempengaruhi mereka untuk kepentingan politik saya termasuk ketika pilkada lalu,”terangnya.
Tak jauh berbeda dengan Marwan Hamami, Badri Suhendi pun menyatakan alasannya mengikuti pencalonan di muscab, itu lantaran adanya dorongan dari pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi. Selain modal dukungan dari pengurus, Badri juga mengaku percaya diri apabila pengalamannya selama aktif di organisasi kepramukaan, baik itu sewaktu di SD hingga SMA serta pengalaman-pengalaman lain di pramuka, itu bisa menjadi energi kepemimpinannya nanti.”Arus dukungan agar saya mencalonkan sudah ada. Dengan modal itu saya Insya Allah siap maju membawa kemajuan bagi pramuka Kabupaten Sukabumi,”imbuh Badri.
Begitupun dengan Wakil Bupati Akhmad Jajuli, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kapahiyang Bengkulu ini menyatakan kesiapan untuk tampil diarena muscab karena telah mendapat dukungan dari pengurus kwarcab dan kwaran.”Insya Allah kalau dipercaya saya siap memimpin pramuka Kabupaten Sukabumi, dan tidak terpilihpun saya siap untuk terus bersama-sama membangun organisasi pramuka,”singkat Akhmad Jajuli menyakinkan.(wan)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=8916

Posted by on 17 Apr 2012. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.