KPU Kabupaten Antisipasi Jumlah Golput

Ferry Gustaman

Ferry Gustaman

Gandeng Partai Tarik Pemilih

SUKABUMI-Jelang Pileg 2014, tingkat partasipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya masih jadi sorotan KPU Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, dari tahun ke tahun masih saja ada masyarakat yang enggan menyalurkan hak politiknya alias memilih untuk memilih golput.

KPU Kabupaten Sukabumi pun siap mengantisipasi adanya modus kecurangan yang terbaru, yakni ajakan golput dari masyarakat atau oknum caleg untuk dijadikan sebagai senjata guna mengalahkan lawan politiknya.

Anggota KPU Kabupaten Sukabumi Divisi Hukum Ferry Gustaman mengatakan, untuk mengantisipasi kemungkinan ada ajakan golput, pihaknya akan melakukan pengawasan dengan lebih menggunakan aspek pencegahan dari pada penindakan. Karena menurutnya, banyak atau sedikitnya partai peserta pemilu tidak terpengaruh dengan besar kecilnya potensi kecurangan. Salah satunya pencegahan yang dilakukan yaitu bermitra dengan partai untuk mengatasi masalah tersebut. “Peserta pemilu juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk mengurangi kecurangan, “ujar Fery kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi ini mengharapkan dengan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap partai politik, itu diharapkan partai juga ikut memberikan pendampingan kepada pemilih, terutama pemilih pemula agar tidak apatis. Sebagai contoh lanjut Ferry, partisipasi dalam pemilu terus menurun itu telah dirasakan dalam periode tiga pemilu di era reformasi. Bila di awal reformasi partisipasi Pemilu 1999 bisa mencapai lebih dari 90 persen, di 2004 turun sekitar 80 persen, dan 2009 turun menjadi di atas 70 persen.

“Penurunan setiap pemilu mencapai 10 persen, tentu ini perlu kita waspadai, tantangan terhadap partisipasi Pemilu 2014 juga jauh lebih tinggi dibandingkan pemilu sebelumnya,”tukasnya (hnd/t)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=87966

Posted by on 18 Okt 2013. Filed under PEMILUKADA. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.