Kenaikan Gaji Karyawan Disorot

*Seiring Kenaikan BBM

CIKOLE- Dalam waktu dekat Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Penaggulangan Bencana (Dinsostek-PB) Kota Sukabumi akan menggelar rapat dengan pihak serikat Pekerja, pengusaha (Tripartit). Pertemuan tersebut bertujuan membahas upah karyawan di perusahaan terkait dampak dari rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Tenaga Kerja (Naker) Dinsostek- PB Kota Sukabumi, Wahyu Setiawan, kemarin.

Kemungkinan bulan depan mendatang akan kita undang perwakilan mulai dari serikat kerja, apindonya, untuk membahas masalah tersebut,” ujar Wahyu yang didampingi oleh Kasi Hubungan Industri dan Perlindungan Kerja (HIPKI), Herdiana.
Ditambahkan Wahyu, untuk saat ini perusahaan yang berlokasi di Kota Sukabumi belum ada yang menaikan upah untuk karyawanya, karena kita mengacu ke tahun sebelumnya di mana pemerintah menaikan harga BBM.

Dinsostek-PB menunggu surat edaran dari kementerian tenaga kerja yang kemudian ke provinsi  baru ke daerah setingkat kota ataupun kabupaten. “Karena kalau kita menaikan upah bagi karyawan bukan wewenang kami, makanya kami akan menunggu surat dari kementerian yang kemudian  nanti akan diadakan pertemuan Tripartit itu,” jelasnya.

 Dikatakannya, setiap pemerintah manaikkan harga BBM memang selalu ada dampaknya begitu juga berpenagruh terhadap kenaikan upah pekerja, kendati tidak terlalu besar. “Kalaupun ada kenaikan upah biasanya lebih kepada uang transport (bukan gaji pokok) seiring dengan kenaikan ongkos transport. Tapi yang pasti kami belum bisa memastikan kapan kenaikannya, karena masih menunggu surat edaran dari Kemenakertrans, apakah ada atau tidak kenaikan upah tersebut,” lanjut  Wahyu.

  Ditambahkannya, saat ini Upah Minimum Kerja (UMK) Kota Sukabumi sebesar Rp 890.000 dengan total kurang lebih 15 ribu pekerja dengan jumlah 513 perusahaan dari jumlah tersebut 24 Perusahaan merupakan perusahaan besar. Ditambahkan Wahyu, selain  berdampak kepada tenaga kerja, juga berdampak kepada perusahaannya juga rencana kenaikan BBM tersebut, terutama manjemennya, khusunya perusahaan yang bergerak di bidang garmen.(nur)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=7547

Posted by on 31 Mar 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->