SMAN 1 Cibadak Dominasi Juara Debat Inggris 2013

kepsen JUARA: Para siswa SMAN 1 Cibadak tampil sebagai dominasi juara di LDBI SMA 2013 akhir Mei lalu. foto:ist

kepsen
JUARA: Para siswa SMAN 1 Cibadak tampil sebagai dominasi juara di LDBI SMA 2013 akhir Mei lalu. foto:ist

CIBADAK–SMAN 1 Cibadak berhasil menorehkan prestasi dengan menempatkan 2 timnya masuk semifinal dan dua-duanya juara. Lomba Debat Bahasa Inggris (LDBI) 2013 ini diselenggarakan di SMA PU Albayan Cibadak Sukabumi pada 28-29 Mei. Kedua tim tersebut masing-masing Tim A sebagai juara 2, setelah pada grand final adu argumen melawan SMA PU. Albayan dan Tim B berhasil menempati juara 3. Sedangkan The Best Speaker diberikan kepada Pilari A dari SMAN 1 Cibadak tim A. Sedangkan SMA PU Al-Bayan berhasil sebagai juara 1 dengan skor tipis menghadapi tim SMAN 1 Cibadak A di grand final.

Lomba Debat Bahasa Inggris SMA (English Debating Championship) 2013 adalah kegiatan tahunan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dalam bidang Bahasa Inggris. Menurut Kasie SMA Dinas Pendidikan Kab Sukabumi, Iyus Hilmi yang juga penanggungjawab program lomba, kegiatan LDBI bertujuan mengasah kemampuan berbahasa Inggris para siswa dalam rangka menghadapi era globalisasi, perkembangan informasi dan teknologi serta Asean Community pada 2015. “Kemampuan berbahasa adalah suatu keahlian yang harus dimiliki siswa. Bahasa Inggris adalah bahasa pergaulan dunia dan bahasa ilmu pengetahuan internasional. Setiap siswa harus memiliki kemampuan dalam bahasa Inggris terutama dalam berbicara/berkomunikasi,” tambahnya.

Kegiatan LDBI SMA tahun 2013 diikuti sebanyak 28 tim dari 24 SMA se-Kabupaten Sukabumi. Adapun tema yang diusung pada lomba tersebut “Empowering Students’ skill in Communication, critical thinking and cultural awareness in the face of ASEAN Community 2015”. Tim juri yang berasal dari para dosen UMMI Sukabumi tampak kesulitan memberikan penilaian kepada para peserta, mengingat semua peserta/tim tampil baik, termasuk pada babak 8 besar – grand final. “Kalau kami boleh memilih semuanya jadi juara, kami memilih semua tim menjadi juara. Kalian semua tampil baik dan semua pantas jadi juara,”tutur Koordinator Juri LDBI 2013, Erik Chandra Pertala.

Sementara itu, guru pembimbing SMAN 1 Cibadak, Jasmansyah mengaku bangga dan memberikan apresiasi kepada para siswa yang sudah berhasil menorehkan prestasi terbaiknya dalam lomba debat bahasa Inggris 2013. “Walapun tidak menjadi juara 1 tapi raihan Juara 2, 3 dan the best speaker dalam ajang lomba tersebut sudah luar biasa buat saya. Saya berharap prestasi ini semakin memberikan motivasi untuk lebih banyak belajar, sehingga kedepan semakin berprestasi lagi,” tutur Jasmansyah yang juga Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sukabumi ini.(ryl/t)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=72985

Posted by on 8 Jun 2013. Filed under PENDIDIKAN, PENDIDIKAN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.