Berkas 34 Kades Nyaleg Lengkap

KPU Kab. Sukabumi: Masa Bakti Sudah Mau Habis

SUKABUMI–Kursi empuk DPRD Kabupaten Sukabumi menjadi incaran semua orang. Selain politisi, pengusaha, birokrat, kepala desa (Kades) pun tertarik untuk bersaing untuk menjadi anggota dewan. Di Kabupaten Sukabumi, tercatat dari total 367 desa di Kabupaten Sukabumi, terdapat 33 Kades ikut dalam pencalonan menjadi bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). “Sebenarnya semunya ada 34 Kades, tapi satu kades dari luar Kabupaten Sukabumi juga mencalonkan menjadi anggota legislatif,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, Dede Haryadi kepada Radar Sukabumi, kemarin (4/6).
Menurut Dede, hampir semua Kades yang menjadi Bacaleg masa baktinya sebentar lagi habis. Selain itu, beberapa Kades sudah menjabat dua periode sehingga tak bisa mencalonkan lagi menjadi Kades. “Ada yang satu tahun lagi, ada yang tinggal dua bulan lagi. Tapi hampir semuanya masa baktinya sudah pada mau habis,” terang Dede.
Saat ini, ke-34 Kades sudah memenuhi semua berkas persyaratan seperti penyerahan berkas BB7 sebagai salah satu persyaratan penting. Sementara untuk surat keterangan (SK) pengunduran diri, KPUD Kabupaten Sukabumi masih menunggu hingga 1 Agustus mendatang. “Sejauh ini semua dokumen sudah siap. Tinggal menunggu hasil verifikasi faktual. Setelah itu, pada 7 Juni mendatang kami rapat pleno dan 13 Juni daftar calon sementara (DCS) bakal kami umumkan,” pungkasnya.
Sekadar diketahui,berdasarkan peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013, KPU antara lain mewajibkan seorang kepala desa mundur dari jabatannya jika ingin maju sebagai caleg dalam Pemilu 2014. Beberapa kalangan menilai ketentuan dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 bertentangan dengan undang-undang. Dalam UU 8/2012 tentang Pemilu Legislatif, kepala daerah yang hendak mendaftarkan diri sebagai calon legislatif diwajibkan untuk cuti selama tahapan pemilu berlangsung. Sementara dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 pada Pasal 19 huruf i angka 4 dinyatakan kepala desa yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif harus mundur dari jabatannya. (nur)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=72650

Posted by on 5 Jun 2013. Filed under PEMILUKADA. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.