Perhatikan Situs Gunung Kasur!

SUMBER ALAM: Gunung Kasur yang memiliki situs batu kasur.(FOTO:DEDE SANDI MULYADI/RADAR CIANJUR)

PACET–Menyikapi pernyataan Paguyuban Pandji Woeloeng Cianjur, mengenai kondisi Gunung Kasur yang dinilainya terancam rusak. Kepala Desa Gadog Isa Saepudin menyatakan bahwa kondisi Gunung Kasur yang terletak di antara perbatasan Desa Gadog dan Desa Cibodas Kecamatan Pacet Cianjur, masih dalam kondisi utuh.

“Melihat dari kondisi kenyataan yang ada bahwa Gunung Kasur dari dulu sampai sekarang masih dalam kondisi utuh, terlihat dari masih adanya pepohonan yang rindang,” kata Isa kepada Radar Cianjur, kemarin.
Menurutnya, di gunung tersebut terdapat sebuah lempengan batu yang diduga situs batu kasur lengkap dengan bantal dan gulingnya. Sehingga dibutuhkan sebuah perhatian yang khusus dari pemerintah agar tetap lestari kemudian. Kedepannya juga diharapkan bisa dijadikan sebuah potensi wisata.
“Bahkan, alangkah lebih baiknya kalau situs tersebut lebih diekspose sehingga bisa diketahui oleh masyarakat banyak,” tuturnya.
Dijelaskannya, pemerintah Desa Gadog sendiri sudah sejak lama telah memprogramkan pemberdayaan potensi yang berada di kawasan gunung itu. Namun, karena terkendala anggaran pendapatan desa, program tersebut belum terealisasikan.

Oleh karenanya, ia berharap pemerintah daerah bisa menyisihkan dana untuk memberdayakan potensi Gunung Kasur sebagai tujuan wisata. “Luas keseluruhan lahan Gunung Kasur yang masuk ke Desa Gadog yakni 12,5 hektar,” terangnya.

Diakuinya, sebanyak 80 persen kawasan dalam kondisi baik. Bahkan agar kawasan tetap terjaga dan tetap hijau, pihaknya telah melakukan aksi elaborasi dan  penghijauan dengan melakukan penanaman pohon sehingga lahan yang seyogyanya berfungsi sebagai penyerap air tidak terganggu.
“Kami berharap, segala potensi yang ada di kawasan gunung ini, terutama cagar alamnya bisa lebih dilindungi, diperhatikan, dilestarikan dan dikembangkan sehingga bisa menjadi sebuah potensi wisata,” harapnya.

Berdasarkan pantauan, selain memiliki situs batu kasur, gunung ini juga memilik pemandangan yang cukup menakjubkan. Selain pengunjung dapat merasakan nikmatnya kesegaran sejuknya suhu dingin Cipanas. Juga bisa menikmati pemandangan Kota Cipanas dan menjulangnya wajah Gunung Gede Pangrango secara berhadapan.
Begitupun dari sampingnya, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pegunungan dan perkampungan warga yang berada di wilayah Desa Cibodas.(des)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=7244

Posted by on 28 Mar 2012. Filed under CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
-->