Warga Cibentang Geruduk Balai Desa

Pertanyakan Mobilisasi Kendaran Besar dan Bantuan Gubernur

GUNUNGGURUH — Sekitar puluhan warga Desa Cibentang Kecamatan Gunungguruh kemarin mendatangi Balai Desa Cibentang terkait maraknya mobilisasi kendaraan bertonase besar melintasi jalan sekitar permukiman warga yang mengakibatkan kerusakan jalan semakin parah. Ketua Koordinator Aksi, Ahmad Madria menuturkan, aksi ke kantor desa tersebut sebagai perwakilan warga yang mengeluhkan jalan rusak akibat mobilisasi kendaraan bertonase besar di lokasi penggalian tanah.
“Kami ingin adanya perbaikan jalan dan kenapa rusaknya jalan semakin berlarut-larut. Apalagi jalan perkampungan semakin mengkhawatirkan,” ujar Ahmad kepada Radar Sukabumi.

Ditambahkan Ahmad, dirinya dan puluhan warga lainnya juga ingin mempertanyakan bantuan Gubernur yang berjumlah sekitar Rp100 juta,yang sampai saat ini belum ada realisasi nyata. Bahkan anggaran tersebut diduga diselewengkan dan dimanipulasi. ” Kita mengacu kepada proposal dan data yang lainnya yang sudah kami pegang,” tambahnya.
Selain itu, dalam pembentukan panitia penyelenggaraan anggaran tersebut, adanya struktur manipulasi. Pasalnya dari data yang dihimpunnya, kepala desa menerjunkan sanak familinya untuk mengelola anggaran tersebut, bahkan tidak ada satu orang pun warga sekitar yang diikut sertakan kedalam rancangan anggaran tersebut. ” Ada apa semua ini,” tanya ahmad.
Ahmad meminta, Kades Cibentang untuk segera memperlihatkan transparansi anggaran agar tidak menimbulkan kecurigaan dan harus melihat skala prioritas dalam pembangunan diwilayah perdesaan. ” Lihat kantor desa sudah jelek begitu. Harusnya segera diperbaiki,” terangnnya.

Sementara itu, menanggapi tuntutan warga, Kepala Desa (Kades) Cibentang Ida Rusmiyati menyatakan, soal dana bantuan gubernur, ia mengklaim seluruhnya sesuai prosedur yang ada dan tidak menyalahi aturan. Adapun bantuan yang digelontorkannya untuk pengaspalan jalan untuk kabupaten itu hanya berapa persen saja, sebab jalan tersebut terlihat sudah semakin mengkhawatirkan. ” Menurut pemahaman saya, dana bantuan gubernur bisa digunakan untuk membantuan insfastruktur kabupaten yang sudah rusak parah,” jelasnya.

Di sisi lain dalam pertemuan yang diadakan di Aula Desa Cibentang itu, pembahasan mengenai bantuan gubernur ini rencananya akan dibahas lebih detai pada forum yang lainnya. Sesuai anjuran BPD Desa Cibentang. (why/e)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=70998

Posted by on 22 Mei 2013. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.