Warga Diwajibkan Memelihara Tiga Tanaman di Pekarangan

KELURAHAN HIJAU:M Rosih (61) menunjukkan tanaman hias yang ada di gang sekitar di RW 01 Kelurahan Cipanengah.foto:fajar/radarsukabumi

KELURAHAN HIJAU:M Rosih (61) menunjukkan tanaman hias yang ada di gang sekitar di RW 01 Kelurahan Cipanengah.foto:fajar/radarsukabumi

Melihat Upaya Kelurahan Cipanengah menjadi Kelurahan Hijau

Seiring perkembangan Kota Sukabumi yang ditandai dengan semakin maraknya pembangunan membuat Ruang terbuka Hijau kian terkikis. Hal ini semakin diperparah dengan banyaknya penebangan pohon tanpa pernah memikirkan jangka panjang. Efek dari semua itu adalah longsor, polusi udara dan lainnya. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut lebih jauh, maka Kelurahan Cipanengah dengan program pemerintah, menggalakan penghijauan di wilayahnya dengan nama Kelurahan Hijau.

FAJAR SIDIK, LEMBURSITU

Kelurahan Cipanengah ditunjuk sebagai salah satu kelurahan hijau di Sukabumi, maka untuk menindak lanjuti hal tersebut, Lurah Cipanengah Widya Yudha Setiawan (27) menggalakan dan menjadikan kelurahan hijau sebagai program andalannya. Sebagai permulaan, program ini baru terealisasikan di satu Rw saja. “Karena program ini baru bergulir, akhirnya kami putuskan untuk memulainya di RW 01 dulu,” terangnya kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Menurutnya, meskipun ini merupakan program baru, namun sudah menunjukan hasil yang baik. Bahkan sampai saat ini, di wilayah RW 01 sudah diwajibkan untuk memiliki tiga tanaman di pekarangan rumahnya yaitu tanaman hias, tanaman obat keluarga dan sayuran. “Alhamdulillah antusias warga RW 01 sangat bagus, bahkan di setiap gang menuju rumah warga sudah dikelilingi oleh tanaman hias,” jelasnya.

Yudha menambahkan berkat kerja keras warga RW 01, Kelurahan Cipanengah mendapatkan juara pada lomba kelurahan hijau tingkat Kota Sukabumi. Ia berharap dengan terpilihnya Kelurahan Cipanengah sebagai juara kelurahan hijau, dapat membangkitkan gairah warganya untuk lebih peduli terhadap lingkungannya. “Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk warganya supaya lebih mengembangkan tentang penghijauan di wilayah Kelurahan kami,” tuturnya.

Hal tersebut diamini oleh koordinator Kelurahan hijau yang menggerakan masyarakat di wilayah RW 01 M.Rosih (61) mengatakan berkat kerja keras warga,akhirnya sekarang wilayahnya menjadi sangat asri dan penuh dengan tanaman. Bahkan dengan adanya tiga macam tanaman yang harus ditanam di sekitar rumah warga, dapat mengurangi beban dapur mereka. “Warga dapat memetik sayuran sendiri seperti cabe,bawang daun dan yang lainnya tanpa harus membeli ke warung,” paparnya.
Rosih mengatakan, selain menanam tiga macam tanaman, Rosih bersama warga sekitarnya membuat pupuk kompos dan kerajinan dari sampah rumah tangga. Sehingga untuk pemeliharaan semua tanaman yang ada di pekarangan rumah warga, tidak perlu lagi membeli pupuk, karena semua sudah tersedia dan dibuat oleh warga sendiri.

Sedangkan untuk sampah plastik, semua dijadikan kerajinan tangan, seperti salah satunya tas dari bungkus kopi plastik. “Alhamdulillah semua sampah rumah tangga yang ada di wilayah kami dapat dikelola dengan baik oleh warga, bahkan bermanfaat bagi tanaman,” ujarnya.

Pria paruh baya ini berharap tanaman di RW01 lebih banyak lagi dan kegiatan penghijauan ini diikuti RW lainnya di Wilayah Kelurahan Cipanengah. “Saya berharap kegiatan ini menjadi acuan untuk wilayah lain dalam melakukan hal yang sama, karena sangat memberikan banyak keuntungan bagi warga,” harapnya.(*/t)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=69663

Posted by on 15 Mei 2013. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

1 Comment for “Warga Diwajibkan Memelihara Tiga Tanaman di Pekarangan”

  1. JIKA KITA TAHU BESOK KIAMAT,BIBIT YG DITANGAN TANAMANKANLAH!BIBIT CENDERUNG GRATIS,SISA MAKANAN COBA DITANAMKAN!BIJI2SIRSAK/JAMBUBIJI/NANGKA DLLDRPD DIBUANG,KALAU DITANAM JADI PAHALA YG LUAR BIASA!BANYAK TANAMAN YG SDH MUSNAH!KRN KITA TDK MAU MENANAMNYA,BENIH2 TADI CUMA DISAMPAHKAN

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->