Ketua STAI Al Andina Tolak Hapus Unas

A. Sukandar

A. Sukandar

Karena jadi Standar Nasional

SUKABUMI- Isu penghapusan Ujian Nasional (Unas) yang bergulir saat ini dinilai tidak tepat. Pasalnya, penghapusan Unas akan meniadakan standar nasional dalam kompetensi pendidikan. Dampaknya, sekolah dengan mudah memberikan kelulusan kepada siswa. Hal ini dikatakan Ketua STAI Al Andina Cicantayan Kabupaten Sukabumi, A. Sukandar.

Menurut Sukandar, untuk lulus satuan pendidikan itu harus memenuhi standar tertentu. Yang menentukanya ialah kompetensi minimal. Tanpa kompetensi minimal, maka sekolah akan meluluskan 100 persen siswanya dan pendidikan menjadi semu.”Ujian Nasional itu harus tetap dipertahankan, alasannya Ujian Nasional menjadi barometer kemampuan siswa, serta untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan sistem pendidikan. Jadi kalau dihapus kita tidak punya standar nasional. Karena variasi daerah beragam di Indonesia harusnya ada standar nasional,”ujar Sukandar.

Sukandar menjelaskan dalam sejarah pendidikan Indonesia, ujian semacam Unas dibutuhkan agar pendidikan Indonesia memiliki standar nasional yang dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Standar dibutuhkan untuk mengukur kompetensi anak sehingga dapat diputuskan melanjutkan pendidikan ke tingkat pendidikan tertentu atau tidak,” jelasnya.

Lalu, bukan Unas yang menjadi faktor utama, akan tetapi imbuh Sukandar, sistem pendidikan yang harus diperbaiki atau pembedahan kurikulum serta Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita butuh perubahan sistem, baik perbaikan kurikulum serta peningkatan SDM. Perbaikan kurikulum dimaksudkan untuk melengkapi kekurangan kurikulum pada tahun lalu dan juga perbaikan sistem, dimulai dari pelaksana (petugas) dan kurikulum standar nasionalnya,”tandasnya. (cr2/t)
.

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=68983

Posted by on 10 Mei 2013. Filed under PENDIDIKAN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.