Mengintip Usaha Bakso Ikan Tuna

SEHAT : Bakso Ikan Tuna Sukabumi menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan.

SEHAT : Bakso Ikan Tuna Sukabumi menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan.

Icip-icip Lezat, Baso Ikan Tuna Tanpa Bahan Pengawet

Sadar akan minat konsumsi ikan saat ini yang masih sangat rendah, membuat pria asal Sukabumi ini mencetuskan ide kreatifnya. Salah satu idenya adalah membuat olahan ikan menjadi bakso yang digemari masyarakat.

Laporan Widi Fitria–SUKABUMI

Menikmati bakso daging sapi, mungkin sudah biasa dikonsumsi oleh para pecinta kuliner. Tapi bagaimana jika bakso yang kita makan terbuat dari daging ikan tuna, yang kaya akan protein dan nutrisi penting bagi tubuh.

Seorang pria asal Kp. Gedongpanjang Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibereum Kota Sukabumi bernama Adang, selama kurang lebih delapan tahun ini menggeluti bisnis pembuatan Bakso Ikan Tuna dengan sukses. Tidak hanya sukses menyajikan makanan sehat, namun bakso buatannya ini juga memiliki rasa yang membuat lidah Anda terus ketagihan.

“Awalnya coba-coba ikut teman jualan Bakso Ikan Tuna, baru pada 2005 kami mencoba usaha sendiri dengan membuka home industry Bakso Ikan Tuna,”ujar Adang sambil menjelaskan awal kisah berdirinya home industry Bakso Ikan Tuna kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Ditemui di rumah produksinya, Adang yang juga dibantu oleh kedua rekan kerjanya ini dengan tekun membuat Bakso Ikan Tuna berbagai ukuran. Mulai dari ukuran kecil hingga ukuran bakso yang besar. Dalam sehari ia mampu memproduksi 10 ribu Bakso Ikan Tuna. Tidak hanya memproduksi bakso, dirinya juga sudah mengembangkan produk barunya Tahu Isi Ikan Tuna.

Dengan harga jual bakso dan tahu Rp300-Rp1200 /biji, Adang mampu menghasilkan omset sekitar Rp4-5 juta /harinya. Untuk pemasarannya sendiri, produknya ini sudah dijual ke luar Kota Sukabumi salah satunya Bogor dengan sekali pengiriman 10 ribu bakso setiap harinya.

“Selain memasarkan di Sukabumi, kita juga mengirim ke Bogor,”terangnya.
Menurutnya konsumsi untuk ikan di kalangan masyarakat masih sangat minim. Padahal menurutnya ikan memiliki nilai protein dan juga nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satunya ikan tuna ini, bisa untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya kesehatan jantung.

“Dibandingkan dengan daging, mengkonsumsi ikan itu manfaatnya banyak bagi kesehatan tubuh,”paparnya.
Dengan banyaknya manfaat yang bisa diambil dari ikan tuna terutama bagi kesehatan tubuh, ia pun berharap agar masyarakat bisa segera beralih untuk mengkonsumsi ikan segar. (*/l)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=68564

Posted by on 7 Mei 2013. Filed under EKBIS SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->