Pendidikan: Menuju Indonesia baru, Indonesia bisa, dan Indonesia luar biasa.

Oleh : Lutfi Abdurahman
Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Dunia pendidikan mempunyai relevansi yang kuat dengan maju mundurnya sebuah negara, bagaimna negara mamapu memanfaatkan generasi mudanya untuk merubah face negaranya dimata dunia. sepuluh atau dua puluh tahun yang akan datang face negara mau tidak mau, terasa atau tidak terasa akan ditentukan oleh apa yang disebut dengan pendidikan. 

Di indonesia, bagaimana sebuah pendidikan nasional bisa mampu mewujudkan manusia indonesia yang berkualitas yang mampu bersaing di era persaingan dunia di era tanpa batas. Perkembangan ekonomi memiliki dampak yang sangat besar bagi pertumbuhan pendidikan disuatu negara khususnya di indonesia. Apabila ekonomi ini sedang mengalami krisis seperti yang terjadi pada pertengahan tahun 1997 akan menimbulkan dampak krisis terhadap pendidikan, seperti salah satu dampak yang di rasakan oleh rumah tangga adalah kesulitan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya. Biaya pendidikan semakin mahal karena meningkatnya biaya operasi penyelenggaraan pendidikan. pastinya hal ini berdampak buruk terhadap mutu dan efesiensi pendidikan karena meningkatnya angka putus sekolah serta jumlah lulusan sekolah yang tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.
Keberhasilan suatu pendidikan tidak semata-mata ditentukan oleh anggaran pendidikan yang besar, namun juga ditentukan oleh faktor-faktor yang mungkin selama ini di anggap belum penting tetapi dimasa depan akan dirasa lebih penting yaitu apa yang sering disebut policy perspective atau “cara berfikir yang benar”. Pendidikan memberikan landasan yang kokoh terhadap peningkatan mutu dalam berbagai bidang kehidupan manusia sehingga tercipta kehidupan timbal balik. Oleh karena itu, diperlukan “ cara berfikir baru” dalam pembangunan pendidikan untuk meningkatkan fungsinya sebagai katalisator dalam pengembangan kualitas SDM secara menyeluruh. Sehingga SDM nya akan mepunyai daya persaingan yang tinggi di era tanpa batas.
Untuk mewujudkan pendidikan yang mampu mewujudkan manusia indonesia yang berkualitas yang mampu bersaing di era persaingan dunia di era tanpa batas ini dibutuhkan salah satunya dengan peranan pemerintah pusat dan pemerintah daerah—UU No.22/1999—. Salah satu kebijaksanaan penting pemerintah pusat adalah penetapan standar minimum dalam rangka mengendalikan mutu pendidikan secara nasional, juga dalam aspek kurikulum dan pengendalian aspek mutu, pemerintah perlu menetapkan berbagai standar dan norma seperti standar materi kurikulum, standar penilaian dan sebagainya. Stake holder dalam pendidikan juga sangat diperlukan untuk menentukan suatu arah, kebijaksanaan, serta daya dukung birokrasi pendidikan dalam rangka melaksanakan jalannya suatu pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik lagi.
Oleh karena itu, meningkatkan pembangunan pendidikan dalam perspektif masa depan, akan lebih mencerminkan pendidikan indonesia menjadi pendidikan indonesia baru, indonesia bisa, dan indonesia yang luar biasa dalam era persaingan di era tanpa batas.(*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=66625

Posted by on 22 Apr 2013. Filed under MIMBAR PUBLIK. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.