KPU Kota Diancam Dilaporkan ke DKPP

Anton Rachman. (FOTO:ALI/RADARSUKABUMI)

Anton Rachman. (FOTO:ALI/RADARSUKABUMI)

*Terkait Proses Perekrutan Petugas PPK-PPS

SUKABUMI-KPU Kota Sukabumi diancam akan dilaporkan ke ke Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) di Jakarta oleh Ketua Lembaga Kajian Penegak Demokrasi (LKPD) Kota Sukabumi Faizan Wiguna. Ancaman memperkarakan KPU Kota Sukabumi ke DKPP ini menyangkut mekanisme perekrutan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dia nilai bermasalah. Faizan menilai KPU Kota Sukabumi telah melanggar UU Nomor 15 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 213 tentang pembentukan dan tata kerja PPK dan PPS. Di mana dalam perekrutan atau seleksi petugas PPK dan PPS, KPU Kota Sukabumi terkesan langsung menunjuk alias tidak melalui mekanisme yang telah diatur.

“Seharusnya KPU melakukan tahapan-tahapan seleksi sebagaimana yang diatur oleh UU yaitu transparan dan terbuka untuk umum, bukannya tertutup seperti sekarang. Ini jelas mencederai demokrasi karena menutup peluang pihak lain untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi,”ujar Faizan saat dikonfirmasi Radar Sukabumi kemarin.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Kota Sukabumi Anton Rachman menolak tuduhan pihak LKPD. Anton berargumen jika petugas PPK dan PPS untuk Pileg 2014 nanti itu tidak ada seleksi lagi untuk perekrutan PPS dan PPK.”Untuk Pileg 2014 kita tidak melakukan seleksi tapi hanya melaksanakan pengukuhan. Karena PPS dan PPK yang sekarang ini merupakan PPS dan PPK yang bertugas dalam Pilgub dan Pilwalkot kemarin,”jelasnya.

Anton menyatakan bahwa mekanisme seperti itu telah ada surat edarannya dari KPU Provinsi Jawa Barat.”Mekanisme seperti itu legal, meskipun ada beberapa anggota PPS dan PPK untuk Pilgub dan Pilwalkot kemarin yang menolak untuk bertugas kembali, dan ada juga yang kami diskualifikasi karena kami nilai kerjanya kurang optimal,”tambahnya.

Untuk mengisi anggota PPS dan PPK yang keluar itu lanjut Anton, pihaknya mengambil ganti dari peserta seleksi yang sebelumnya masuk ke dalam peringkat sepuluh besar.

Anton pun menyambut baik andai LKPD bermasksud membawa persolan ini ke DKPP.”Justru itu bagus, supaya semuanya jelas dan tidak sekedar wacana saja,”pungkasnya.(cr3/e)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=65459

Posted by on 12 Apr 2013. Filed under PEMILUKADA. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

1 Comment for “KPU Kota Diancam Dilaporkan ke DKPP”

  1. asep priatna

    mantap pak anton,setuju harus tegas.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
-->