Kinerja RSUD Masih Rendah

Dipicu Kebiasaan Merujuk Pasien

CIBADAK- Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) belum terpenuhi maksimal. Terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi penyebab utama. Masyarakat, khususnya pasien kerap melontarkan keluhan mengenai pelayanan. Dengan demikian diukur secara Standar Pelayanan Minimum (SPM), kinerja RSUD masih di angka 70 persen.

“Hasil dari rapat Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati tahun anggaran 2012 bahwa masyarakat masih belum puas dengan kinerja pelayanan rumah sakit, penyebabnya ialah SDM. Yang dimaksud antara lain kesiapan tenaga medis khususnya dokter lalu alat kesehatan,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, M Yamin.

Lebih lanjut, Selain SDM kendala lain ialah sarana dan prasarana. Menurut Yamin akibat kendala ini sering terjadi terjadi seorang pasien terus menerus di rujuk karena sarana yang tidak memadai. “Itu salah satu contoh diantara berbagai persoalan. Dengan diserapnya aspirasi ini akan menjadi bahan evaluasi supaya ada solusi,” terangnya

Selanjutnya yang paling mendesak ialah kebutuhan dokter spesialis, Lanjut Yamin. Kabupaten Sukabumi masih kekurangan dokter spesialis khusunya untuk Rumah Sakit daerah . Adapun dokter spesialis yang berada di RSUD se Kabupaten Sukabumi statusnya non PNS, namun TKS.

“Jika non PNS maka RSUD tersebut mesti membayar honor dokter ini, yang dimana tiga RSUD, Sekarwangi, Palabuhanratu serta Jampang kulon berstatus BLUD. Maka hasil BLUD itu habis untuk ongkos operasional itu habis untuk membayar dokter TKS ini,” tuturnya.

Sedangkan jika dokter spesialis ini berstatus PNS maka dibiayai oleh APBD. “Kendati seperti itu RSUD terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sudah maksimal. Hanya terbentur berbagai kendala yang telah disebutkan,” jelasnya.

Segala kendala tersebut, menjadi tugas yang selanjutnya dirumuskan bersama, antara OPD, RSUD, legislatifnya tentunya eksekutif yang lebih menguasai. “Kami menginginkan standar pelayanan minimum kinerja RS bisa mencapai target 90 persen. Segala kendala ini akan dicarikan solusi agar terpecahkan hingga masyarakat menikmati kenyamanan pelayanan dibidang kesehatan,” tandasnya. (dri)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=64551

Posted by on 4 Apr 2013. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

1 Comment for “Kinerja RSUD Masih Rendah”

  1. usep saepudin

    Betul sekali pelayanan rumah sakit sangat buruk dimana kerja pemerintah selama ini mengawasi rumah sakit dan oknum2 yang membuat keluarga pasien emosi karna perlakuan para pegawai yang tak bisa melayani masyarakat yang golongannya menengah kebawah

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->