Melihat Aktifitas Bank Sampah di Warudoyong

KREATIF:Direktur Utama Bank Sampah, Muhammad Rafi'i Nasution (35) menunjukan kerajinan dari sampah-sampah bekas hasil tabungan Bank Sampah. foto:fajar/radarsukabumi

KREATIF:Direktur Utama Bank Sampah, Muhammad Rafi’i Nasution (35) menunjukan kerajinan dari sampah-sampah bekas hasil tabungan Bank Sampah. foto:fajar/radarsukabumi

Nabung Sampah Plastik, Warga Antusias jadi Pemulung

Sepintas sampah plastik hanya menjadi sampah yang tak berarti dan dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, karena sulitnya terurai oleh bakteri. Namun ketika berada di tangan orang-orang kreatif, semua itu bisa menjadi barang yang bernilai ekonomis, bahkan menghasilkan uang yang tidak sedikit. Dari sampah plastik yang tidak berguna dapat menjadi tas, dompet, tempat tisu dan alat rumah tangga lainnya.

Fajar Sidik, Warudoyong

Kelurahan Warudoyong merupakan kelurahan pertama perintis Bank Sampah di Kota Sukabumi. Bahkan Bank Sampah ini menjadi program unggulan di kelurahan ini. Lurah Warudoyong, Qori Qornaen Hasan (37) mengatakan, bank sampah sangat membantu masyarakat, sebab warga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sisa sampah rumah tangga mereka.

Mekanismenya, warga menjual (baca: menabung) sampah ke Bank Sampah. Lalu karyawan bank sampah akan mengolah sampah itu menjadi kerajinan tangan yang nantinya akan dijual, baik ke instansi ataupun ke masyarakat yang berminat. “Hampir semua sampah plastik bisa dijual ke bank sampah,” ujar Qori kepada Radar Sukabumi.

Menurutnya, antusias warga sangat besar dengan adanya Bank Sampah di Gang Murni, Jalan Palabuhan II Kelurahan Warudoyong. Saat ini warga sebelum membuang sampah ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) memilah-milih antara sampah yang bisa ditabung dan mana yang harus dibuang. Ia berharap, hadirnya Bank Sampah dapat membantu perekonomian warga dan pengelolaan sampah bisa terkelola dengan baik. “Hadirnya Bank Sampah, semoga dapat menguntungkan semua pihak,” harapnya.

Qori menambahkan, untuk ke depannya, kegiatan ini akan lebih disosialisasikan dan dimaksimalkan ke seluruh RW di Kelurahan Warudoyong, sebab, saat ini Bank Sampah baru meliputi dua RT. “Ini kegiatan yang sangat bagus dan patut untuk disosialisasikan kepada khalayak luas,” tuturnya.

Hal tesebut diamini Direktur Utama Bank Sampah, Muhammad Rafi’i Nasution (35) mengatakan dirinya sangat kelabakan dalam membuat karung untuk dibagikan kepada nasabah Bank Sampah, karena antusias warga sangat besar. Menurutnya, selain ada yang datang ke Bank Sampah, pihaknya juga masih sering melakukan jemput bola ke rumah-rumah warga secara langsung. “Masih banyak warga yang gengsi untuk menabung di Bank Sampah, sehingga kami harus mendatangi langsung ke rumah mereka,” terang pria yang akrab disapa Rafi ini.

Pria ramah ini mengatakan, tujuan utama dibentuknya bank sampah adalah untuk menyalamatkan bumi dari banyaknya sampah plastik dan menciptakan barang yang tidak bernilai menjadi bernilai ekonomis.Dengan hal tersebut, maka pihaknya banyak membuat kerajinan dari sampah plastik dan kain dari limbah industri.”Untuk saat ini kami baru menciptakan Tas, dompet dan tempat tisu dari plastik sisa bungkus kopi serta keset kaki dan sprei dari kain bekas,” ucapnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, setelah dua bulan diresmikan oleh Walikota Sukabumi, ia memiliki 70 nasabah Bank Sampah yang rajin menabung. Selain itu, uang dari hasil menabung sampah bisa nasabah ambil setiap satu bulan sekali. “Tetapi ada juga warga yang mau mengambil uangnya di hari raya atau hari-hari penting lainnya,” paparnya.

Ia mengatakan program Bank Sampah yang dikelolanya, banyak mendapat dukungan. Bahkan Ikatan Keluarga Pemulung Sukabumi sangat mendukung adanya Bank Sampah. “Alhamdulillah IKatan Keluarga Pemulung Sukabumi mendukung dengan memberikan enam gerobak sampah kepada kami,” akunya.(*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=64240

Posted by on 2 Apr 2013. Filed under FEATURES, KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.