Jambi Adopsi Konsep Pasar Semi Modern

PELAJARI PASAR : Sejumlah perwakilan Pemprov Jambi memantau lokasi Pasar Semi Modern Cisaat kemarin.

PELAJARI PASAR : Sejumlah perwakilan Pemprov Jambi memantau lokasi Pasar Semi Modern Cisaat kemarin.

CISAAT– Pembangunan pasar semi modern dengan konsep Build Operate and Transfer (BOT) atau dikenal sebagai Bangun Kelola dan Alih Milik oleh Pemkab Sukabumi, mendapat tanggapan positif dari pemerintah berbagai wilayah. Salah satunya adalah Provinsi Jambi yang tertarik dengan konsep BOT. Rencananya, Jambi akan mengadopsi konsep tersebut untuk diterapkan di wilayahnya.
Ketua Tim Panitian Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi, Dedi putra mengatakan, konsep BOT ini akan diterapkan di salah satu pembangunan pasar induk, yang tetap berada di jantung Kota Jambi. ” Kondisi pasar kami di sana sangat kumuh dan semrawut, sehingga mengganggu keindahan kota serta kerpa menimbulkan macet. Mudah-mudahan dengan datangnnya kami kesini, bakal ada solusi yang bisa diberikan,” ujar Dedi saat ditemui di sela-sela pertemuannya di Kantor Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sukabumi, Jalan Raya Cibolang Kecamatan Cisaat, kemarin.
Menurutnya, pemilihan Kabupaten Sukabumi sebagai media study bandingnnya merupakan hasil dari pantauannya di 19 wilayah yang pernah dikunjungi. Terbukti dari hasil kunjungannya itu, Kabupaten Sukabumi memiliki konsep yang berbeda dan cocok untuk diadopsi. “Salah satunya dapat menggaet pihak ketiga dengan perjanjian alih milik dengan waktu yang tidak lama,” katanya.
Diakuinya, konsep dengan bangunan pasar semi modern itu, pihaknya akan membangun diatas tanah milik Provinsi Jambi dengan ukuran 9 hektar lebih. Nantinya pasar itu untuk merelokasi warga pasar induk yang lama atau Pasar Angso Duo, sehingga tatanan kota bisa terlihat indah.
Sementara itu, Asisten Daerah II (Asda II) Pemkab Sukabumi, Dana Budiman mengatakan pihaknya merasa bangga atas banyaknya kunjungan tersebut, hal ini menjadi bukti keberhasilan Pemkab dalam hal pembangunan insfastruktur pasar.
Nada yang sama pun terlontar dari Kepala Diskoperindag Kabupaten Sukabumi, Asep Japar. Dikatakannya pembangunan pasar semi modern yang menjadi percontohan wilayah lain itu tak terlepas dari dukungan Bupati Sukabumi, Sukmawijaya yang sudah memberikan peluang bagi para insvestor untuk mengambangkan investasinya. (why)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=63824

Posted by on 28 Mar 2013. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->