“Mewujudkan Visi dan Misi Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi”

Oleh: dr.Hj. Adrialti, MKM

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi

VISI Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi adalah “Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Sukabumi Sehat, Mandiri dan Berkeadilan”. Sedangkan visinya yaitu; (1) Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar; (2) Menjamin tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang merata dan berkualitas; (3) Meningkatkan upaya kesehatan masyarakat yang bermutu dan berkeadilan; dan (4) Meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan.

Adapun harapan dengan adanya visi dan misi ini maka akan tercipta suatu keadaan masyarakat di Kabupaten Sukabumi yang berorientasi pada peningkatan kesadaran, kemampuan, dan kemampuan hidup sehat bagi masyarakat serta mampu mewujudkan derajat kesehatan secara optimal.

Lebih jauh, masyarakat diharapkan mampu berperan sebagai pelaku pembangunan kesehatan yang bisa menjaga, memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya sendiri serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka disepakati rumusan arah kebijakan teknis sebagai berikut, yaitu;
(1) Peningkatan derajat kesehatan masyarakat
(2) Peningkatan upaya pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan
(3) Peningkatan akses pelayanan kesehatan dasar
(4) Peningkatan akses pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat miskin
(5) Peningkatan mutu sarana pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan.

Sangat disadari, dalam meningkatan kesehatan masyarakat pada kenyataannya memang tidaklah mudah. Untuk itu, penyebarluasan informasi tentang kesehatan sangatlah penting dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat dalam bidang kesehatan, yang tentunya akan mengarah pada perubahan perilaku masyarakat agar selalu menjaga kesehatannya dan bisa terhindar dari beragam penyakit yang membahayakan.

Pada dasarnya, indikator status kesehatan masyarakat bisa kita lihat dari Umur Harapan Hidup (UHH), Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Balita (AKABA), dan juga Angka Kesakitan.

Dengan demikian, adanya kerja sama yang baik antara unsur pemerintah daerah, khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi dengan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Sukabumi, ini bisa menjadi “pilar” dalam mensukseskan semua program kesehatan di tahun 2013 ini sesuai dengan harapan yang tertuang dalam visi dan misi Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi.**

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=61576

Posted by on 18 Mar 2013. Filed under OPINI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.