Menpan RB : Honorer di Atas 35 Tahun, Silakan Lewat Jalur P3K

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 telah dibuka. Semua orang dapat mendaftar sesuai aturan dan persyaratannya yang sudah diumumkan.

Termasuk, pegawai dan guru honorer di lingkungan pemerintah daerah juga dapat mendaftar. Hanya ada yang sedikit berbeda. Terutama, terkait pegawai dan guru honorer yang berusia di atas 35 tahun.

Bacaan Lainnya

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengatakan, pegawai honorer pada kategori itu dapat menempuh jalur P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Jalur itu akan menampung semua pegawai yang sudah hampir menyentuh batas usia pensiun.

“Silahkan mendaftar melalui jalur P3K. bisa 35 tahun ke atas atau sebelum pensiun pun bisa,” kata Syafruddin di hotel Shangrila, Surabaya, Rabu (19/8).

Pegawai honorer yang diterima jadi pegawai negeri sipil (PNS) melalui P3K akan tetap dapat menduduki jabatan yang lebih tinggi. Hanya saja, lanjut Syafruddin, PNS dari jalur P3K tidak akan dapat uang pensiun.

Oleh karena itu, Syafruddin masih akan mengkaji ulang aturan pada jalur P3K tersebut. “Sedang kami godok atas aturan PNS yang melalui jalur P3K. Yang jelas, kalau jalur P3K diperbolehkan yang berusia 35 ke atas,” kata Syafruddin.

Terpisah, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku sangat berharap ada dispensasi usia yang diberlakukan bagi pegawai honorer. Sebab, batas usia maksimal 35 tahun yang diatur dalam UU ASN nomor 5 tahun 2014 cukup memberatkan.

“Terkait dispensasi usia itu juga baru 5 tahun terakhir ini. Padahal, usia pegawai itu semakin tua,” kata Risma.

Oleh karena itu, dirinya mengapresiasi jika pemerintah membuka jalur P3K bagi pegawai honorer. Menurutnya, sejak lima tahun lalu, baru kali ini ada CPNS yang membuka pendaftaran pegawai honorer.

“Ya, kalau bisa diatas 40 tahun lah. Kalau bisa begitu, bisa mencapai masa kerja 20 tahun. Karena, PNS itu kan usia pensiunnya 60 tahun,” katanya.

(HDR/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *