Menerapkan PHBS Dalam Kehidupan Sehari-hari

dr.Hj.-Adrialti,-MKMOleh : dr.Hj. Adrialti, MKM

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi

PEMBANGUNAN kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Masyarakat diharapkan mampu berperan sebagai pelaku pembangunan kesehatan dalam menjaga, memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya sendiri serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya PHBS merupakan perilaku yang diterapkan oleh setiap individu dengan kemauan dan kesadaran yang tinggi dalam upaya meningkatkan kesehatannya, serta ikut berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat.

Untuk itu, sudah seharusnya PHBS ini bisa diterapkan dalam setiap sisi kehidupan masyarakat, baik itu di rumah tangga atau keluarga, institusi kesehatan, tempat-tempat umum, sekolah maupun di tempat kerja karena konsep ini merupakan sikap dan tindakan yang bisa membentuk kebiasaan yang pada akhirnya akan mengakar dan membudaya.

Program PHBS ini merupakan salah satu upaya yang dicanangkan oleh Departemen Kesehatan RI dalam menyongsong Milenium Development Goals (MDGs) 2015, yang tentunya akan berorientasi pada tujuan akhir, yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal sesuai dengan Undang-Undang Kesehatan No. 36 Tahun 2009.

Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan jauh dari berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan, maka penerapan PHBS di lingkungan masyarakat sangatlah penting, yang tentunya diawali dari kesadaran yang tinggi dari individu dan keluarga.

Adapun yang dimaksud keluarga sehat disini yaitu keluarga yang memiliki keadaan sejahtera badan, jiwa, dan sosial yang dimungkinkan dalam setiap anggota keluarga hidup produktif secara aktif dan ekonomis serta mampu menjaga kesehatan pribadi dan anggota keluarganya.

Dengan penerapan PHBS disemua tatatanan ini diharapkan angka kesakitan dan beragam kasus penyakit yang membahayakan diharapkan akan bisa ditekan seminimal mungkin, dan derajat kesehatan masyarakat akan meningkat sesuai dengan harapan kita semua, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi. )*

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=60745

Posted by on 14 Mar 2013. Filed under OPINI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->