Pembangunan Pasar Semi Modern Terus Digeber

TERUS DIGEBER : Pekerja menyelesaikan pembangunan kios di Pasar Semi Modern Cisaat. Keberadaan pasar itu, nantinya diharapkan mampu mendongkrak perekonomian di Utara Sukabumi. ikbal radar

SUKABUMI- Komitmen PT Bangun Jaya Allia untuk menggeber pembangunan Pasar Semi Modern Cisaat tak diragukan. Kemarin, roses pembangunan pasar yang sebelumnya kumuh tak terawat itu terus dikebut. Pekerja terus merampungkan desain pembangunan gudang kios (guki) yang berada di bagian pinggir dari bangunan pasar utama.
Dari pantauan Radar, pemasangan beberapa bagian bangunan semakin terlihat manakala pendirian pondasi bata beton sudah membentuk kios yang terdiri dari beberapa blok. Di bagian tengah yang merupakan bagian utama pasar, beberapa tiang yang merupakan pondasi awal, sudah tertanam.
“Kita terus menggeber agar pasar itu berdiri karena kita sangat berkomitmen untuk membuat kenyamanan bertransaksi masyarakat. Semakin nyaman, bersih dan aman suatu pasar, maka semakin besar nilai transaksi yang terjadi dan bisa dilakukan,” tutur Direktur Utama (Dirut) PT Bangun Jaya Allia,  Lai Hok Melhan.
Ia mengaku optimis pembangunan pasar itu selesai dalam waktu cepat. Pembangunan kembali pasar tradisional Cisaat terang dia, merupakan investasi murni perusahannya. “Berbekal pengalaman, saya secara institusi menjamin pasar ini kokoh, kuat dan bisa dirasakan faedahnya,” tutur pria yang dikabarkan menjadi mualaf itu.
Pasar Cisaat, merupakan salah satu aset penting untuk investasi masyarakat Sukabumi. Di mana, keberadaannya yang strategis, menjadi bekal pedagang untuk menanamkan modalnya di sana. Terlebih dalam konsep pasar semi modern ke depan, angkutan kota (angkot) jurusan Cisaat-Cibadak, Kadudampit-Cisaat, Gunungguruh-Cisaat, Cicantayan-Cisaat dan Caringin-Cisaat, diharuskan masuk dan mengitari kompleks pasar.
“Ini penting. Karena korelasi pasar dan terminal itu sangat kuat. Makanya, dalam gambar dan site plant, kita pikirkan agar pasar ini hidup dan menguntungkan pedagang plus pembelinya,” tambah Alay, sapaan akarabnya.
Pasar Semi Modern Cisaat ditarget selesai pembangunannya pada pertengahan tahun ini yakni sekitar awal Bulan Agustus 2012 (sebelum Idul Fitri). “Sesuai dengan perjanjian kerjasama PT. Satyamuda Karsa setelah 5 tahun selesai pembangunan akan menyerahkan bangunan dan fasiiitas pendukung pasar dalam keadaan baik kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi,” akunya.
Di tempat lain, tahapan pembangunan Pasar Semi Modern Cicurug hampir rampung. Saat ini progres pembangunannya sekitar 85-90 persen. Sesuai dengan perencanaannya, kini warga pasar Cicurug dihimbau supaya cepat menempati pasar tersebut. Terkait hal itu, masa berlakunya Pasar Penampungan Sementara (TPS) Cicurug pada Juni mendatang akan segera habis.
Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Asep Japar. Ia  menghimbau agar warga pasar bersiap mengisi pasar ini. Pasalnya secara keseluruhan teknis pembangunan sudah cukup dan layak. Mengingat pihak Pengembang PT Bumi Raya Kontruksindo optimis pasar ini akan diresmikan pada Mei Mendatang.
“Warga pasar Cicurug segera bersiap untuk kepindahan dari TPS ke pasar yang sesungguhnya. Kini bangunan sudah selesai, tahapanya mencapai 85 persen. Walau belum seratus persen, namun  persentase tersebut untuk bangunan utama niaga. Bersamaan ini warga pasar di wajibkan memenuhi hal yang berkaitan dengan admistrasi,” ungkapnya.
Mengenai list admistrasi pemasaran jumlah warga pasar sudah banyak, namun masih ada sejumlah warga yang belum masuk. Padahal jika ada kesulitan berkaitan dengan admistrasi bisa langsung mendatangi pemasaran untuk berkonsultasi. “Sedangkan pihak Diskoperindag bisa mendampingi dan selalu berpihak kepada pedagang,” ujar Asep.(veg/dri)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=6015

Posted by on 12 Mar 2012. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.