KECAMATAN SUKABUMI, KABUPATEN SUKABUMI

Camat Sukabumi, Nur Komarudin foto dengan rangkaian penghargaan yang diterima aparatur dan warga Kecamatan Sukabumi beberapa waktu lalu. dok/radarsukabumi

WISATA ANDALAN:Selamat Datang memasuki Wahana Wisata Selabintana. foto:dok/radarsukabumi

WISATA ANDALAN:Selamat Datang memasuki Wahana Wisata Selabintana.  foto:dok/radarsukabumi

WISATA ANDALAN:Selamat Datang memasuki Wahana Wisata Selabintana.
foto:dok/radarsukabumi

Andalkan Pariwisata Pondok Halimun dan Selabintana

Ada enam desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sukabumi. Keenam desa itu antara lain, Warnasari, Karawang, Sudajaya Girang, Parungseah, Sudajaya, dan Perbawati. Sebagian besar masyarakat Sukabumi bahkan di luar Sukabumi sudah hafal betul potensi yang paling utama di kecamatan seluas 2.393 Ha. Potensi itu adalah pariwisata. Yang mana wisata alam Salabintana dan Pondok Halimun menjadi primadona wisata Kabupaten Sukabumi sejak dulu.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Kecamatan Sukabumi merupakan wilayah perbatasan dengan Kota Sukabumi. Potensi alam di wilayah berpenduduk sekitar 41.982 jiwa ini sudah tersohor dan sangat terkenal sejak dulu. Ya, para penggemar wisata atau wisatawan tentu sudah kenal dengan Selabintana. Wisata alam yang penuh dengan nuansa keasrian dan keindahan alam ini membuat wisatawan betah untuk mengunjunginya. Tempat yang begitu cocok untuk menghatkan kebersamaan dan keharomisan keluarga. Setiap musim liburan, taman wisata Selabintana yang berada di kaki Gunung Gede dan Pangrango ramai dikunjungi wisatawan. Mereka hadir dari berbagai daerah selain di Sukabumi. Seperti dari kota-kota besar di Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, bahkan kadangkala ada dari luar Pulau Jawa.

Selabintana cocok menjadi tempat bercengkrama dengan keluarga, handai tolan, dan rekan-rekan kerja atau lingkungan sekitar. Selain asri, sejuk, indah, dan nyaman, Selabintana didukung sejumlah fasilitas seperti taman bermain, cottage atau motel, flying fox, dan lain sebagainya yang semua itu menambah kemanjaan para pengunjung. Sementara itu, tidak hanya Selabintana yang menawarkan pesona keindahan pariwisata Kabupaten Sukabumi. Wahana wisata lainnya yang juga menawarkan daya tarik adalah Pondok Halimun. Hamparan kebun teh dengan nuansa yang sejuk, indah, dan suasana penuh damai menjadi syarat atau ciri dari keadaan fisik Pondok Halimun. Kondisi ini juga membuat para pengunjung atau wisatawan merasa betah menikmatinya. Apalagi kebun teh yang menghampar luas dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berjalan-jalan melintas kebun teh atau tea walk. Begitu sampai di lokasi utama, para pengunjung juga bisa memanfaatkan alam bumi perkemahan Pondok Halimun. Di samping itu juga ada tempat penangkaran untuk satwa langka dan harus dilindungi, yakni Elang Jawa. Apabila terus ke atas, wisatawan yang hiking ke atas juga akan menjumpai curug atau air terjun yang ada di Pondok Halimun. Tentunya menambah suasana damai yang dirasakan.

Sama seperti Selabintana, pesona nuansa Pondok Halimun juga kerap dikunjungi para wisatawan. Lokasi inipun cocok untuk dijadikan terapi sembari berolahraga tea walk. Keindahan kepariwisataan Selabintana maupun Pondok Halimun yang ada di Kecamatan Sukabumi juga didukung oleh keberadaan pusat pelayanan jasa pariwisata seperti hotel dan restoran. Beberapa hotel, vila, bungalow, motel dan restoran berada di kecamatan ini. Tujuan dari keberadaan fasilitas pariwisata ini untuk menambah kepuasan pengunjung terhadap pesona wisata yang ditawarkan di Kecamatan Sukabumi.

Sementara itu, ada harapan besar yang disampaikan Camat Sukabumi, Nur Komarudin, SH, M.Si dalam upaya memajukan minat dan daya tarik pariwisata apalagi mendukung program Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk memajukan dunia pariwisata, ia menginginkan agar area wahana wisata yang ada di Kecamatan Sukabumi tetap dilestarikan. “Bahkan, diharapkan ada investor yang bersedia untuk meningkatkan fasilitas dalam rangka memajukan dan mendukung kepariwisataan di Kecamatan Sukabumi,”harapnya seperti yang pernah diturunkan beberapa waktu lalu.

Jika kepariwisataan di Kecamatan Sukabumi terus maju, maka Nur Komarudin optimis akan banyak kemajuan dari sisi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Di mana masyarakat sekitar bisa memanfaatkan peluang bisnisnya seperti membuka usaha jasa masakan, hotel restoran atau menjual potensi yang mendukung kepariwisataan Selabintana dan Pondok Halimun. (*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=58048

Posted by on 28 Feb 2013. Filed under PARIWISATA. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->