Kemandirian Pramuka Mulai Terkikis

SAMBUTAN:Walikota Sukabumi, Muslikh Abdussyukur menyampaikan sambutan saat menghadiri kegiatan Orientasi Majelis Pembimbing Pramuka di SMKN I Kota Sukabumi, kemarin.

CIKOLE – Moderinisasi tidak hanya berpengaruh kepada kepribadian masyarakat tapi juga mengakibatkan karakteristik anggota pramuka juga mengalami perubahan. Hal tersebut dikatakan Walikota Sukabumi, Muslikh Abdussyukur saat menghadiri kegiatan Orientasi Majelis Pembimbing Pramuka di SMKN I Kota Sukabumi, kemarin.

 Muslikh menuturkan perubahan tersebut pada dasarnya memang hal yang wajar mengingat perkembangan zaman yang semakin berkembang. “Modernisasi memang bisa mengikis karakteristik kemandirian yang ditanamkan dalam dunia pramuka. Makanya saya berharap, kondisi ini tidak lantas mengurangi kebugaran peserta didik dalam mengembangkan kemandirian,” ujar Muslikh Abdussyukur, kemarin.

 Ditambahkannya untuk membangun karakteristik generasi muda sehingga menjadi manusia yang bermanfaat dan mempunyai jiwa kepemimpinan di masa yang akan datang, Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi mulai melakukan melirik anak-anak usia dini yaitu TK dan PAUD untuk dibekali tentang kepramukaan.

“Gerakan pramuka saat ini bukan hanya bagi tingkatan SD saja, melainkan juga untuk anak-anak usia dini harus mulai dikenalkan,” lanjut Muslikh yang tidak lain merupakan Majelis Pembina Cabang (Mabincab) Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi ini.

 Penanaman karekteristik kepemimpinan sejak dini, dinilai Muslikh akan membawa dampak sampai dirinya menginjak dewasa. Dengan begitu, generasi penerus bangsa untuk meneruskan estapet kepemimpinan bakal tercapai. “Pemimpin yang berkarakter sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara. Makanya, dengan diajarkan karakteristik kepemimpinan sejak dini bisa membawa bangsa ini lebih baik lagi,” ujarnya.

 Sementara itu Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi, Sanusi Harjadiredja mengatakan, pihaknya telah memberikan pendidikan pramuka sejak usia dini bagi 2.000 anak-anak TK dengan mengenakan seragam pramuka. Bahkan nanti pada 10 Maret 2012 juga akan digelar pendidikan pramuka usia dini bagi 3.000 anak yang berasal dari PAUD formal dan informal se-Kota Sukabumi. “Untuk membangun manusia yang mempunyai karakter bagus memang harus dilakukan sejak dini, terlebih saat ini sekitar 80 persen masyarakat di Kota Sukabumi sudah menyekolahkan anaknya sejak dini,” terang Sanusi.(nur)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=5705

Posted by on 8 Mar 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->